STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016

IMRO’ATUN JAMILA, 2811123110 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
AWALAN SKRIPSI.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun 2015/2016” ini ditulis oleh Imro’atun Jamila, dibimbing oleh ibu Hj. St Noer Farida Laila, MA. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh suatu fenomena akan pentingnya peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Dalam hal belajar, motivasi adalah faktor yang praktis peranannya dalam menumbuhkan gairah belajar, merasa senang dan semangat untuk belajar. Belajar harus diberi motivasi dengan berbagai cara sehingga minat yang dipentingkan dalam belajar itu dibangun dari minat yang telah ada pada anak. Penelitian ini mendiskripsikan 6 (enam) strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menurut Saiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, yaitu memberi angka, hadiah, pujian, tugas, ulangan, dan memberi hukuman. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian angka di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian hadiah di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian pujian di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (4) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian tugas di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (5) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian ulangan di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (6) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian hukuman di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian angka, hadiah, pujian, tugas, ulangan dan hukuman di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) In-depht Interview (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubermen yang terdiri dari: (1) Reduksi data (2) Penyajian data dan (3) Verifikasi atau menarik kesimpulan. Adapun teknik pengecekakan keabsahan data yang digunakan yaitu: (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Ketekunan atau keajekan pengamatan (3) Pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan (4) Trianggulasi teknik, sumber data dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi guru PAI melalui pemberian angka di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung dilakukan dalam bentuk nilai dan poin/nilai tambah. Pemberian nilai berdasarkan keaktifan siswa, hasil tes tertulis, tes lisan, praktek dan prestasi siswa di sekolah. Sedangkan poin atau nilai tambah diberikan kepada siswa yang akhlaknya baik dan aktif melaksanakan kegiatan di sekolah seperti shalat berjam’ah dan praktek baca tulis Al-Qur’an. (2) Strategi guru PAI melalui pemberian hadiah di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung diberikan kepada siswa yang berprestasi, nilainya bagus, aktif di kelas, menyelesaikan tugas dengan baik, dan anak yang ikut shalat berjama’ah dengan tertib. (3) Strategi guru PAI melalui pemberian pujian di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung diberikan kepada semua siswa guna memperoleh umpan balik yang positif dari mereka. Pujian yang diberikan tidak hanya dalam bentuk kata-kata tetapi juga dibarengi dengan senyuman, anggukan dan acungan jempol. (4) Strategi guru PAI melalui pemberian tugas di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung diberikan seminggu atau dua minggu sekali dalam bentuk tugas individu dan kelompok. (5) Strategi guru PAI melalui pemberian ulangan di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung diberikan pada setiap akhir pengajaran, setiap habis 1 atau 2 bab sekali guna membangkitkan perhatian siswa terhadap bahan pelajaran yang diberikan di kelas. (6) Strategi guru PAI melalui pemberian hukuman di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung adalah hukuman yang mendidik dan lebih mengarah pada usaha menyadarkan siswa akan kesalahan yang dilanggarnya. Hukuman tersebut berupa membuat tugas tambahan, menyapu lantai, menjelaskan materi di depan kelas, dan hafalan surat-surat pendek bagi yang melanggar disiplin dan tidak mengerjakan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123110 IMRO’ATUN JAMILA
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:59
Last Modified: 18 Aug 2016 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item