ANALISIS KETERBACAAN TEKS BERITA PADA MEDIA DARING KOMPAS.COM SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP/MTs

THOIFATUL NINGTYAS, 12210183040 (2023) ANALISIS KETERBACAAN TEKS BERITA PADA MEDIA DARING KOMPAS.COM SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP/MTs. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis Keterbacaan Teks Berita pada Media Daring Kompas.com sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs ini ditulis oleh Thoifatul Ningtyas, NIM 12210183040, program studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: keterbacaan, teks berita, Kompas.com Dalam kegiatan membaca, bacaan harus sesuai dengan tingkat kemampuan membaca seseorang. Salah satu cara untuk mengetahui apakah teks tersebut cocok dengan jenjang pendidikan siswa yaitu dengan mengukur keterbacaannya, yakni sesuai atau tidaknya bacaan dengan pembaca. Salah satu teks yang hendak dikaji keterbacaannya yaitu teks berita. Teks berita dijadikan materi pembelajaran pada tingkat SMP/MTs khususnya kelas 8 sesuai dengan Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Adapun teks berita yang dianalisis dalam penelitian ini diambil dari media daring Kompas.com sebagai salah satu media daring yang populer di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks berita pada media daring Kompas.com sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah 30 teks berita Kompas.com yang diukur tingkat keterbacaannya menggunakan grafik Fry. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua teks berada pada tingkat pembaca kelas 7, lima teks pada tingkat pembaca kelas 8, enam teks berada pada tingkat kelas 9, sebelas teks pada tingkat kelas pembaca 10, lima teks pada tingkat kelas pembaca 11, dan satu teks berada pada tingkat kelas pembaca 12. Berdasarkan penghitungan grafik Fry, teks yang jatuh pada kelas pembaca 7,8, atau 9 dapat dikatakan sesuai dengan kelas pembaca, dalam hal ini adalah kelas 8 sebagai kelas yang mempelajari teks berita. Teks yang jatuh pada kelas pembaca dibawah 7 atau di atas 9 dianggap tidak sesuai. Hal ini disebabkan karena grafik Fry bersifat perkiraan sehingga harus ditambah atau dikurangi satu tingkat. Dari segi materi, 30 teks yang dianalisis unsur-unsur, struktur, dan kaidah kebahasaannya sudah sesuai dengan kompetensi dasar. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi teks berita kelas 8 SMP/MTs.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183040 THOIFATUL NINGTYAS
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:22
Last Modified: 13 Jun 2023 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36320

Actions (login required)

View Item View Item