PUTRI HABIBILLAH, 12850621034 (2023) KAJIAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN DAN PERILAKU SANTRI (Study Sequential Exploratory Mixed Method di Pondok Pesantren NU Al-Falah, Pondok Pesantren LDII Dahlan Ikhsan, dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Modern Boarding School). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Kajian Kitab Kuning di Pondok Pesantren serta Pengaruhnya terhadap Pemahaman Keagamaan dan Perilaku Santri (Study Sequential Exploratory Mixed Method di Pondok Pesantren NU Al-Falah, Pondok Pesantren LDII Dahlan Ikhsan, dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Modern Boarding School)” yang ditulis oleh Putri Habibillah dengan dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. Kata Kunci: Kajian Kitab Kuning, Pemahaman Keagamaan, Perilaku Santri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa adanya kecenderungan penurunan pemahaman agama dan kualitas perilaku individu atau kelompok masyarakat. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan berbagai bentuk, seperti aksi terorisme, pembunuhan, tawuran pelajar, penyimpangan sosial, dan pelanggaran di sekolah. Pesantren dengan keunikan sistem pendidikannya dari pada lembaga lain berupaya meningkatkan kualitas moral dan intelektual para santrinya salah satunya melalui kajian kitab kuning yang terjadi di Pondok Pesantren NU Al-Falah sebagai pondok yang mengunggulkan kajian kitab kuning pada kultur keseharian di bawah naungan penggerak NU Kabupaten Blitar, Pondok Pesantren LDII Dahlan Ikhsan sebagai satu-satunya pondok LDII yang mengkaji kitab di Kabupaten Blitar dengan naungan organisasi LDII Pusat, dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Modern Boarding School merupakan pondok di Kabupaten Kediri di bawah naungan organisasi Muhammadiyah yang mengkaji kitab kuning sebagai pembelajaran utama. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana pendidik sebagai pengkaji kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku santri pada tiga pondok pesantren? (2) Bagaimana materi kajian kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku santri pada tiga pondok pesantren? (3) Bagaimana proses pengajaran kajian kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku santri pada tiga pondok pesantren? (4) Adakah pengaruh yang signifikan kajian kitab kuning terhadap pemahaman keagamaan pada tiga pondok pesantren? (5) Adakah pengaruh yang signifikan kajian kitab kuning terhadap perilaku santri pada tiga pondok pesantren? (6) Adakah pengaruh yang signifikan kajian kitab kuning terhadap pemahaman keagamaan dan perilaku santri pada tiga pondok pesantren? Metode dalam penelitian adalah mixed method sequential exploratory design. Tahap pertama berupa pendekatan kualitatif meliputi teknik pencarian/pengumpul data dengan wawancaara mendalam, observasi partisipatif dan dilengkapi dokumentai, analisis data melalui tahap kondensasi, display serta vertifikasi, dan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, member check, bahan referensi dan diskusi dengan teman sejawat. Tahap kedua dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 325 orang dan sampel berjumlah 231 responden. Teknik pengambilan data memakai angket berskala likert dan teknik analisis data melalui tahap pra penelitian (uji validitas dan realibilitas) dan analisis data (pengujian prasyarat analisis dengan uji normalitas dan homogenitas disertai uji hipotesis dengan uji Manova) bantuan SPSS for Windows 20.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pendidik sebagai pengkaji kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku santri melalui penguasaan ilmu alat, penguasaan materi yang dikaji, penguasaan kitab pilihan; persiapan kajian (syawir, penderesan, i’dad dan muroja’ah); evaluasi pendidik (mingguan, bulanan atau semesteran); berakhalakul karimah; dan memiliki hubungan yang dekat dengan santri (hubungan guru dan murid, teman atau keduanya) (2) Materi kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku santri adalah memiliki ruang lingkup menyeluruh, hadits, materi tertentu; terdapat pemilihan materi (sesuai sanad, Majelis Taujih wal Irsyad dan Organisasi); dan terdapat patokan penyelesaian kitab (terjadwal, semester atau tahunan) (3) Proses kajian kitab kuning dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dan perilaku santri melalui lalaran, nasehat, pemberian cerita/hadits/contoh permasalahan; bandongan dan sorogan kitab; sesi tanya jawab; serta evaluasi santri (semesteran atau sesuai kemampuan santri) (4) Ada pengaruh yang signifikan kajian kitab kuning terhadap pemahaman keagamaan pada tiga pondok pesantren berdasarkan uji manova yang menunjukkan nilai F sebesar 2,557 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai pengaruh sebesar 25,3% (5) Ada pengaruh yang signifikan kajian kitab kuning terhadap perilaku santri pada tiga pondok pesantren berdasarkan uji manova yang menunjukkan nilai F sebesar 2,119 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai pengaruh sebesar 19,6% (6) Ada pengaruh yang signifikan kajian kitab kuning terhadap pemahaman keagamaan dan perilaku santri pada tiga pondok pesantren berdasarkan uji manova yang menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sari hidayati |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:47 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36341 |
Actions (login required)
View Item |