PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 1 SRENGAT

ZULVIA RIFQI NABILLA ASH, 12212183098 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang cukup sulit dan abstrak sehingga perlu penalaran dan keterampilan berpikir kritis. Salah satu materi yang ada di mata pelajaran kimia yaitu materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang diberikan pada siswa kelas X semester genap. Hasil belajar kimia siswa kurang maksimal serta minat belajar siswa dalam pembelajaran kimia masih rendah. Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa yaitu menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Model pembelajaran ini melatih siswa menemukan konsep berdasarkan eksperimen dengan 7 fase pembelaajaran yaitu elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, serta extend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, (2) pengaruh minat belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, dan (3) pengaruh antara hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian ini mengguakan metode kuantitatif. Desain yang digunakan adalah quasy experiment dengan tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Srengat, kabupaten Blitar dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket minat belajar siswa, Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan uji normalitas, homogenitas, hipotesis dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikasi pengaruh hasil belajar siswa 0,00. Nilai signifikasi pengaruh minat belajar siswa 0,215. Nilai signifikasi pengaruh hasil dan minat belajar siswa 0,00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, (2) tidak ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap minat belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, dan (3) ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Kimia > Larutan Non Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: SKRIPSI 12212183098 ZULVIA RIFQI NABILLA ASH
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:17
Last Modified: 14 Jun 2023 01:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36348

Actions (login required)

View Item View Item