IIS HALIMATUS SA’DIYAH, 2209193067 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa SMPN 2 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Iis Halimatus Sa’diyah, NIM. 12209193067, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Drs. H. Jani. M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Resource-Based Learning, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kurangnya minat belajar dan hasil belajar siswa SMPN 2 Kalidawir Tulungagung dan lebih suka beraktifitas di luar kelas dari pada di dalam kelas, sehingga membutuhkan perhatian khusus dari guru maupun orang tua agar memberikan pendidikan yang ekstra untuk anak-anak agar tertarik untuk mengikuti pelajaran yang ada di sekolah. Rumusan masalahnya adalah 1) Apakah model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung 2022/2023? 2) Apakah model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung 2022/2023? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui signifikan pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap minat belajar siswa SMPN 2 Kalidawir Tulungagung 2022/2023. 2) Untuk mengetahui signifikan pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Kalidawir Tulungagung 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini yakni semua siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir, Tulungagung. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dua sampel bebas (Independent Sampel T Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung 2022/2023, dibuktikan dari perolehan thitung -2.667 > ttabel 2.002, sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-sided) adalah 0,011. Karena nilai Sig. 0,011 < taraf nyata (= 0,05) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. 2) Model Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas VIII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung 2022/2023, dibuktikan dari perolehan thitung -3.002 > ttabel 2.002, sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-sided) adalah 0,004. Karena nilai Sig. 0,004 < taraf nyata (= 0,05) maka Ho ditolak, dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 2209193067 IIS HALIMATUS SA’DIYAH |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:20 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36474 |
Actions (login required)
View Item |