PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI MA DARUL HUDA BLITAR

NOVI HIDAYATUL ROHMAH, 12212173037 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DAN INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI MA DARUL HUDA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multipel Representasi Dan Integrasi Pendidikan Karakter Pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI MA Darul Huda Blitar” ini ditulis oleh Novi Hidayatul Rohmah, NIM. 12212173037, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes, Ph. D. Kata Kunci: Bahan Ajar, Multipel Representasi, Pendidikan Karakter, Titrasi Asam Basa Materi titrasi asam basa merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak. Titrasi berguna untuk mengetahui kadar dari suatu zat asam atau basa yang belum diketahui konsentrasinya. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam melakukan percobaan titrasi asam basa, perhitungan, hingga representasi sub mikroskopik dari materi titrasi asam basa. Selain itu, materi titrasi asam basa juga dapat dikaitkan dengan pengembangan pendidikan karakter seperti teliti, kerja sama, peduli lingkungan, tanggung jawab dan pemecahan masalah. Hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahwasannya bahan ajar yang digunakan saat ini adalah LKS dan internet, belum terdapat modul pembelajaran berbasis multipel representasi dan integrasi pendidikan karakter. Oleh karena itu, perlunya dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis multipel representasi yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg & Gall yang hanya sampai pada 6 tahapan. Tahapan tersebut meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan siswa, lembar validasi dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dari dosen dan guru sebagai ahli materi dan media, serta respon siswa kelas XII MA Darul Huda Blitar. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh hasil 84% dan validasi ahli materi diperoleh hasil 85,9% dengan demikian produk yang dihasilkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi dan perbaikan kemudian produk diuji cobakan skala kecil dengan 15 siswa dan diperoleh hasil responnya yaitu 87% yang dinyatakan sangat layak, dengan demikian modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan penunjang pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212173037 NOVI HIDAYATUL ROHMAH
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:48
Last Modified: 10 Jul 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36524

Actions (login required)

View Item View Item