STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS RENDAH DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ALFI NUR PEBRIANI, 17205163327 (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS RENDAH DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi Nur Pebriani, NIM 17205163327, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing: Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: strategi guru, karaker religius, pendidikan anak Latar belakang penelitian ini adalah bahwa strategi guru dalam membentuk karakter murid sangat penting, dimana guru tersebut harus berusaha menjadi guru ideal, di samping menjadi contoh moralitas yang baik, diharapkan guru memiliki wawasan keilmuan dan pengetahuan yang luas sehingga materi yang disampaikan dapat ditinjau dari berbagai disiplin keilmuan yang lain. Di kelas, guru juga memegang peranan untuk mengendalikan siswa, dengan berbagai cara dan strategi yang dapat melibatkan siswa terlebih pada aspek pembentukan karakter religius. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui membaca Al-quran siswa kelas rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui sholat berjamaah siswa kelas rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui pembiasaan hafalan asmaul husna siswa kelas rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan penelitian, pengecekan teman sejawat, serta triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui membaca al-Quran siswa kelas rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung adalah dengan melaksanakan kegiatan membaca Al Qur'an dilaksanakan setiap pagi hari di sela-sela pembelajaran. Jika siswa sudah selesai mengerjakan tugas, guru akan memanggil siswa untuk maju ke depan membaca Al-Qur'an, jika waktunya tidak mencukupi maka dapat dilanjutkan siang hari setelah Jam 12. (2) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui sholat berjamaah pada siswa kelas rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menerapkan sistem fullday, yakni setiap hari selalu dilaksanakan sholat berjamaah. Sholat berjamaah dilakukan 2 kali yaitu yang pertama sholat Dhuha dan sholat dhuhur. Khusus untuk kelas 1 sholat berjamaah nya dilakukan di dalam kelas agar lebih kondusif. Guru dapat mengawasi siswa kapan saja. Untuk kelas 2 sampai kelas 6 sholat berjamaah nya dibagi menjadi 2 yaitu di musholla bagian Utara dan musholla bagian selatan. (3) Strategi guru dalam pembentukan karakter religius melalui hafalan asmaul husna pada siswa kelas rendah di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung adalah dengan mengadakan pembiasaan hafalan Asmaul Husna setiap pagi sebelum masuk kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163327 ALFI NUR PEBRIANI
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:22
Last Modified: 19 Jun 2023 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36539

Actions (login required)

View Item View Item