Hanik, Lutviani (2014) Pemahaman Siswa Tunagrahita dalam Pembelajaran Matematika di Kelas 5C SDLB Negeri Panggungsari Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]
|
Text
11. ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pemahaman, Tunagrahita, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu keadaan dimana penting bagi setiap guru untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terletak pada anak didiknya. Tujuannya agar guru bisa menentukan model atau metode yang akan diterapkan di dalam proses pembelajaran agar materi dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Hal ini tidak hanya berlaku pada siswa normal saja, akan tetapi juga pada siswa dengan kebutuhan khusus. Tidak menutup kemungkinan bahwa di suatu kelas pada sekolah umum terdapat siswa dengan kebutuhan khusus, terutama siswa dengan kelainan tunagrahita. Karena itu penting bagi seorang pendidik untuk mengetahui pemahaman dari peserta didiknya. Dalam hal ini peneliti berupaya mengetahui serta mengklasifikasikan pemahaman siswa tunagrahita dalam pembelajaran matematika berdasarkan derajad kecacatannya yakni tunagrahita ringan, tunagrahita sedang, dan tunagrahita berat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pemahaman siswa tuna grahita ringan dalam pembelajaran matematika di kelas 5C ? (2) Bagaimanakah pemahaman siswa tuna grahita sedang dalam pembelajaran matematika di kelas 5C ? (3) Bagaimanakah pemahaman siswa tuna grahita berat dalam pembelajaran matematika di kelas 5C ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman siswa dengan derajad kecacatan ringan (tunagrahita ringan) dalam pembelajaran matematika tergolong kategori tinggi. (2) pemahaman siswa dengan derajad kecacatan sedang (tunagrahita sedang) tergolong kategori sedang. (3) pemahaman siswa dengan derajad kecacatan berat (tuna grahita berat) tergolong kategori rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:12 |
Last Modified: | 08 Dec 2014 07:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/366 |
Actions (login required)
View Item |