EFEKTIVITAS KELAS AKSELERASI DAN BUDAYA LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 1 BLITAR

RIZKY FAJAR DIANA PUTRA, 12201183198 (2023) EFEKTIVITAS KELAS AKSELERASI DAN BUDAYA LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsiا denganا judulا “Efektivitas Kelas Akselerasi dan Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Negeri 1 Blitar”ا iniا ditulisا olehا Rizky Fajar Diana Putra, NIM. 12201183198, 2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata Kunci: Kelas Akselerasi, Budaya Literasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana penanganan kasus peserta didik dengan kecerdasan istimewa yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan berupa kelas akselerasi yang memiliki jenjang waktu yang lebih cepat daripada kelas akselerasi. Disamping itu, juga terdapat banyak permasalahan terkait minat baca maupun keaktifan siswa dalam kegiatan membaca, menulis, dan berkomunikasi sehingga peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran, sehingga lembaga pendidikan menyanangkan program budaya literasi di lingkungan sekolah. Maka kedua permasalahan tersebut juga memiliki efektivitas dalam hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Efektifkah kelas akselerasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar? (2) Efektifkah budaya literasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar? (3) Efektifkah kelas akselerasi dan budaya literasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar? Adapun tujuan penelitan adalah (1) Untuk mengetahui efektif atau tidaknya kelas akselerasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar, Untuk mengetahui efektif atau tidaknya budaya literasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar, Untuk mengetahui efektif atau tidaknya kelas akselerasi dan budaya literasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Teknik pengambilan data sample menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian kali ini terdapat 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan reliabiitas, uji normalitas, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil analisis yaitu : (1) Kelas akselerasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian data dengan hasil diperoleh diperoleh t hitung sebesar 2,353 > 1,98472 t tabel dan tingkat sig. 0,021 < 0,05. (2) Budaya Literasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian data dengan hasil diperoleh diperoleh t hitung sebesar 5,872 > 1,98472 t tabel dan tingkat sig. 0,000 < 0,05. (3) Kelas Akselerasi, dan Budaya Literasi Efektif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Negeri 1 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian data dengan hasil diperoleh besarnya nilai F 62,019 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 (kurang dari 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S. Pd 12201183198 Rizky Fajar Diana Putra
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:10
Last Modified: 07 Aug 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36604

Actions (login required)

View Item View Item