STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DIMASA PANDEMI PADA SISWA KELAS TINGGI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG

LATIFATUR ROHMAH, 12205183341 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DIMASA PANDEMI PADA SISWA KELAS TINGGI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran IPA Dimasa Pandemi Pada Siswa Kelas Tinggi MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Latifatur Rohmah, NIM. 12205183341, Pembimbing Dr. H. Moch. Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Srategi Guru, Media Pembelajaran IPA, Masa Pandemi Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sistem pembelajaran yang dilaksanakan secara online, pembelajaran yang dilaksanakan secara online terkadang muncul berbagai masalah yang dihadapi, salah satunya mengenai penerapan metode dan media pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA menekankan banyak teori yang sulit dipahami jika hanya dijelaskan dengan ceramah saja tanpa adanya media pembelajaran. Maka dari itu lembaga pendidikan memiliki peran dalam mengembangkan media pembelajaran dan guru berperan untuk mengembangkan media pembelajaran hal ini bertujuan untuk peserta didik agar dapat meningkatkan pembelajaran yang baik. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPA dimasa pandemi pada siswa kelas tinggi MI Roudlotul Ulum Jabalasari Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPA dimasa pandemi pada siswa kelas tinggi MI Roudlotul Ulum Jabalasari Tulungagung ? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPA dimasa pandemi pada siswa kelas tinggi MI Roudlotul Ulum Jabalasari Tulungagung ?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi yang diteliti MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sember data berasal dari guru kelas tinggi kelas V dan VI. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui bahwa : (1) Perencanaan awal yang dilakukan guru adalah dengan melakukan analisis kebutuhan dan mengunakan pendekatan sebagai proses dalam mengenali karakteristik setiap siswa, Menentukan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran IPA dimasa pandemi, Mencari dan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan terutama pelajaran IPA, bertanggung jawab penuh dalam proses pembelajaran berlangsung dan juga memberikan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran IPA di masa pandemi, Menyusun dan menggunakan RPP terbaru satu lembar yang mencakup semua materi yang dikembangkan dengan memuat tujuan pelajaran, metode pembelajaran, media yang digunakan, sumber belajar serta penilaian hasil belajar. (2) Pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan awal pembelajaran, membuka salam, menanyakan kabar dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan inti menerapkan pembelajaran saintifik mulai dari mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Dan Pelaksanaan kegiatan penutup. (3) Evaluasi. Pada pembelajaran daring guru menggunakan penilaian soal dan tugas sebagai tolak ukur dalam menentukan pemahaman siswa. Jika ada siswa yang belum paham maka guru akan menjelaskan kembali dengan cara vidio call secara individu. Kesulitan terbesar selama pembelajaran secara daring yaitu yang pertama menghadapi kondisi keluarga terutama pada segi ekonomi dan tingkat pendidikan dari orang tua, Dan Dalam mengelola media pembelajaran IPA ada hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183341 Latifatur Rohmah
Date Deposited: 29 Jun 2023 01:29
Last Modified: 29 Jun 2023 01:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36637

Actions (login required)

View Item View Item