CICI WULANDARI, 12201193134 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER SISWA di SMA NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa di SMA Negeri 1 Ngunut” ini ditulis oleh Cici Wulandari, 12201193134 dan di bimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. NIP. 196005241991031001 Kata Kunci : Peran Guru PAI, Indisipliner, Siswa. Indisipliner merupakan tindakan tidak disiplin yang dilakukan oleh seseorang dalam melakukan suatu hal. Dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa ini membutuhkan peran dari berbagai pihak. Salah satu yang paling berperan ini adalah guru. Guru diharapkan dapat memberikan arahan, nasehat, bimbingan kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Oleh sebab itu, peran guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai organisator dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMA Negeri 1 Ngunut ? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMA Negeri 1 Ngunut ? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMA Negeri 1 Ngunut ?. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui kepercayaan (credibility) meliputi triangulasi yakni (triangulasi sumber,triangulasi teknik dan triangulasi waktu). Hasil penelitian ini yaitu : (1) Peran guru PAI sebagai organisator dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di wujudkan dengan guru PAI mengorganisasikan semua kegiatan yang ada di sekolah, mulai dari menyusun kalender akademik, RPP dan silabus, menyusun kontrak belajar siswa yang harus di patuhi semua siswa di dalam kelas. Guru PAI juga mengelola kegiatan akademik siswa salah satu nya kegiatan keagamaan yaitu KAJI (kamis mengaji), yasinan dan juga pengajian dan juga mengelola proses pembelajaran dengan baik. (2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa diwujudkan dengan guru PAI memberikan semangat, nasehat-nasehat sebelum memulai pembelajaran. Selain itu juga diwujudkan dengan memberi teladan sebagai bentuk motivasi dari segi perilaku serta teladan dalam bentuk sederhana seperti saling menyapa anak didiknya saat di luar kelas dan mengucapkan salam saat masuk kelas. (3) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa diwujudkan dengan guru PAI mengajak, mendampingi dan mengarahkan kegiatan sholat berjamaah, tadarus Al Qur’an, KAJI (kamis mengaji) dan yasinan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193134 Cici Wulandari |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 22:52 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 22:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36709 |
Actions (login required)
View Item |