ARINA LUTFIA, 2817123016 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT NURUL FIKRI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
1-SAMPUL.pdf Download (39kB) |
||
|
Text
BAB I arina skripsi.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II arina skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ainnaa skripsii.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV arina skripsi new.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V arinaa skripsi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
1- daftar rujukan.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Arina Lutfia, NIM. 2817123016, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples, Prestasi Belajar IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar peserta didik kelas V SDIT Nurul Fikri dalam pembelajaran IPA yang kurang optimal. Hal ini dikarenakan ketika pendidik menerapkan model pembelajaran diskusi, hanya beberapa peserta didik yang aktif dalam kelompoknya. Sedangkan metode lain yang pendidik terapkan adalah metode ceramah, hanya saja yang membedakan adalah sistem sekolah yang menerapkan model pembelajaran terpadu, dimana pada saat proses pembelajaran berlangsung pendidik yang cenderung lebih aktif. Akibatnya, prestasi belajar IPA peserta didik kurang optimal. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas V SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan bekerja sama dalam menganalisis gambar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama dalam menganalisis gambar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala SDIT Nurul Fikri sebagai kebijakan dalam menyusun program pembelajaran yang lebih baik, bagi pendidik SDIT Nurul Fikri dapat berguna sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan prestasi belajar dan mempermudah penyampaian bahan ajar, bagi peserta didik SDIT Nurul Fikri dapat dijadikan sebagai motivasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajarnya, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan masukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SDIT Nurul Fikri Tulungagung dengan jumlah 24 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi dan kemampuan bekerja sama peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa kemampuan bekerja sama dalam menganalisis gambar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana peserta didik kelas V di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung ini meningkat dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa kemampuan bekerja sama peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 93% menjadi 97,29%. Skor yang diperoleh oleh masing-masing kelompok juga mengalami peningkatan, yaitu 91% pada siklus I dan 97,83% pada siklus II. Selain meningkatkan kemampuan bekerja sama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata pre test peserta didik adalah 50 dengan presentase ketuntasan belajar 21,74%. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 81,65 dengan presentase ketuntasan 69,5%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 94,75 dengan presentase ketuntasan belajar 100%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan model pembelajaran Koopertaif tipe examples non examples dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama dan prestasi belajar IPA peserta didik kelas V SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123016 ARINA LUTFIA |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 01:23 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 01:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3671 |
Actions (login required)
View Item |