PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA ISLAM SISWA KELAS VII MTsN 1 KOTA BLITAR

AFILDA AYU INDRIYANA, 12209183060 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA ISLAM SISWA KELAS VII MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Video animasi Pada Materi Kehidupan Masyarakat Pada Masa Islam Siswa Kelas VII MTsN 1 Kota Blitar” yang ditulis oleh Afilda Ayu Indriyana, NIM. 12209183060. Dosen pembimbing Bapak Hendra Pratama, M. Pd. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi Penelitian ini dilatar belakangani dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi kehidupan masyarakat pada masa Islam harus divisualisaikan. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di kelas pada saat pembelajaran terdapat beberapa permasalahan dalam yakni banyak siswa yang kurang memperhatikan dan bahkan ada yang tidur pada saat guru sedang menerangkan. Hal ini dikarena dikarenakan kurangnya inovasi baru pada media pembelajaran, sehingga peneliti menemukan ide baru tentang media pembelajaran supaya pembelajaran bisa lebih efektif, dengan memanfaatkan teknologi yaitu mengembangkan suatu produk media pembelajaran yaitu video animasi. Media pembelajaran video animasi pasti akan memudahkan guru dalam memaparkan materi dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi meskipun dilakukan secara mandiri dan dimanapun mereka mau. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini terdiri dari 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi kehidupan masyarakat pada masa Islam kelas VII MTsN 1 Kota Blitar Tahun 2021/2022? 2) Bagaimana hasil kevalidan dan dampak dari pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi kehidupan masyarakat pada masa Islam kelas VII MTsN 1 Kota Blitar Tahun 2021/2022? Pada penelitian ini ditunjukkan pada pengembanagn media pembelajaran video animasi materi kehidupan masyarakat pada masa Islam. Pengembangan atau R&D mengolah data dengan teknik data primer dari hasil observasi dan pre-test dan post-test data sekunder berasal dari para validasi ahli media, ahli materi dan hasil respon guru IPS. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 10 responden untuk teman sejawat, 10 siswa untuk skala kecil dan 25 siswa pada kelas VII untuk uji lapangan. Analisis data yang digunakan menggunakan skala likert dari masing-masing validator diperoleh sebesar 70% dari ahli media, 96% dari ahli materi dan 84% dari guru IPS, dari keseluruhan dapat dikriteriakan valid. Hasil dari perhitungan regresi dari kuis memperoleh nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05 yang menyatakan bahwa data tersebut dapat diterima dan valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd. 12209183060 AFILDA AYU INDRIYANA
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:05
Last Modified: 03 Jul 2023 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36760

Actions (login required)

View Item View Item