KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

PUTRI SULISTIAWATI, 12205193003 (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Sulistiawati, NIM. 12205193003, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indoenesia karena pembelajaran Bahasa Indonesia dianggap membosankan dan hanya sekedar isi tulisan. Sehingga diperlukan adanya kreativitas seorang guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, seperti kreativitas seorang guru dalam penggunaan metode pembelajaran, pemilihan media pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dengan kreativitas guru tersebut diharapkan siswa tidak mudah bosan dan lebih berkonsentrasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?; (2) Bagaimana kreativitas guru dalam pemilihan media pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?; (3) Bagaimana kreativitas guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran yaitu guru mengombinasikan beberapa metode dalam pembelajaran, pemilihan metode disesuaikan dengan karakteristik materi, kondisi kelas dan kebutuhan siswa, serta bahan peralatan agar siswa tidak mudah bosan dan lebih berkonsentrasi memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga pembelajaran terlaksana dengan maksimal; (2) kreativitas guru dalam pemilihan media pembelajaran yaitu guru memilih dan memanfaatkan media yang beragam namun tetap memperhatikan beberapa pertimbangan, pemilihan media yang bervariasi akan meningkatkan pola interaksi antara guru dengan siswa, sehingga perhatian dan konsentrasi siswa akan meningkat; (3) kreativitas guru dalam pengelolaan kelas yaitu dengan melakukan pengelolaan kelas yang bervariasi agar membuat suasana kelas menjadi kondusif dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa, pengelolaan kelas dilakukan berdasarkan dengan prinsip yang sesuai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193003 PUTRI SULISTIAWATI
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:09
Last Modified: 03 Jul 2023 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36768

Actions (login required)

View Item View Item