NIDA’ QUTRATU ‘AIN, 12205193127 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo” ini ditulis oleh Nida’ Qutratu ‘Ain, NIM 12205193127, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Peserta Didik. Peran Orang tua sangat berpengaruh besar dalam perkembangan pendidikan peserta didik, karena orang tua merupakan orang dewasa pertama yang dijumpai seorang anak sejak masa kecil, oleh sebab itu seluruh pemikiran, emosi, dan perilaku orang tua merupakan model yang kuat bagi anak berpikir, berekspresi emosi dan berperilaku tertentu. Dalam konteks pembelajaran, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan tumbuhnya motivasi belajar yang tinggi, peserta didik dapat mencapai potensi maksimalnya dalam belajar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Untuk mendiskripsikan peran orang tua sebagai edukator dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Miftahul Ulum. (2) Untuk mendiskripsikan peran orang tua sebagai motivator dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Miftahul Ulum. (3) Untuk mendiskripsikan peran orang tua sebagai fasilitator dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Miftahul Ulum. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, teknik keabsaan data dengan triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran orang tua sebagai edukator dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Miftahul Ulum diwujudkan dengan memberikan pengawasan dalam proses belajar peserta didik, membimbing peserta didik pada saat belajar di rumah dan menyediakan waktu sekaligus jadwal belajar kepada peserta didik di rumah. (2) Peran orang tua sebagai motivator dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Miftahul Ulum diterapkan dengan membangkitkan kemauan belajar peserta didik dengan cara memberikan hadiah dan hukuman kepada peserta didik atas hasil yang diperolah selama proses belajar. (3) Peran orang tua sebagai fasilitator dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik di MI Miftahul diterapkan dengan memenuhi kebutuhan fasilitas belajar peserta didik dalam proses belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193127 NIDA’ QUTRATU ‘AIN |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36769 |
Actions (login required)
View Item |