FILDA VIVI NUR ANGGRAINI, 12205193123 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Filda Vivi Nur Anggraini, NIM 12205193123, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh: Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar, Pelajaran Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika dan menurunya hasil belajar. Maka peneliti beranggapan untuk meningkatkan strategi yang tepat dan efektif. Pemilihan strategi sangat penting diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran Matematika. Karena dengan adanya strategi dapat meningkatkan kualitas belajar siswa, meningkatkan kualitas guru, serta memudahkan siswa belajar. Dalam mengajarkan matematika, guru harus memahami bahwa kemampuan setiap siswa berbeda-beda, serta tidak semua siswa menyenangi mata pelajaran matematika. Maka dari itu MIN 3 Tulungagung menerapkan strategi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru untukmeningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika? (3) Bagaimana evaluasi guru untuk meningkatkan hasil belajarpada pelajaran matematika? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Perencanaan strategi guru adalah mempersiapkan RPP, media pembelajaran dan metode pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi guru untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan cara memotivasi peserta didik agar membangkitkan semangat belajarnya, menjelaskan tujuan pembelajaran, mengingatkan pembelajarn sebelumnya, memberikan stimulus kepada peserta didik, menilai hasil pekerjaan peserta didik dan menyimpulkan. Dengan adanya motivasi belajar dan pemberian stimulus dari guru, dapat membuat peserta didik menjadi semangat belajar sehingga hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika menjadi meningkat serta nilai yang didapatkan menjadi lebih baik (3) Evaluasi strategi guru adalah dengan guru memberikan tugas kepada peserta didik setiap selesai subbab dan memberikan nilai untuk mengetauhi hasil yang didapatkan peserta didik. Sehingga guru mengetauhi sejauh mana pemahaman peserta didik. Tidak hanya peserta didik yang akan dievaluasi tetapi gurunya juga dievaluasi untuk mengetauhi kendala yang dihadapi ketika pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193123 FILDA VIVI NUR ANGGRAINI |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36770 |
Actions (login required)
View Item |