Farida, Septiawati (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMK Akuntansi. [ Skripsi ]
|
Text
Cover-Abstrak.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I final.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II final.pdf Download (818kB) | Preview |
|
Text
BAB III final.rtf Download (575kB) |
||
|
Text
BAB V final.pdf Download (69kB) | Preview |
|
Text
BAB I final.rtf Download (1MB) |
||
Text
BAB III final.rtf Download (575kB) |
||
Text
BAB V final.rtf Download (414kB) |
||
Text
Cover-Abstrak.docx Download (180kB) |
||
Text
BAB II final.rtf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Barisan dan Deret Aritmatika Di jenjang sekolah menengah pelajaran matematika khususnya materi barisan dan deret aritmatika merupakan salah satu materi yang harus dikuasai oleh siswa. Konsep barisan dan deret aritmatika sering diujikan dalam tes potensi akademik masuk perguruan tinggi maupun dunia usaha. Namun kenyataan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep tersebut apalagi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu usaha dalam membantu memahamkan dan memotivasi siswa yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran komputer dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan efisien. Sedangkan usaha dalam membantu siswa mampu belajar menerapkan konsep ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menggunakan salah satu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah produk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menjadi produk yang valid, efektif, dan praktis? 2) Adakah pengaruh penggunaan produk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar? Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan yang telah di dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produl awal, 4) validasi ahli, 5) revisi produk I, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk II, dan 8) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah dosen, guru, dan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan telah dinilai dan divalidasi oleh ahli meliputi 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli media pembelajaran, dan praktisi lapangan. Adapun hasilnya didapat pada aspek pendidikan dengan validator ahli materi pembelajaran diperoleh persentase 91% yang menunjukkan kategori valid/ layak digunakan tanpa revisi. Pada aspek pendidikan dengan validator praktisi lapangan diperoleh persentase 89% yang menunjukkan kategori valid/ layak digunakan tanpa revisi, dan pada aspek tampilan media pembelajaran dengan validator ahli media diperoleh persentase 96% yang menunjukkan kategori valid/ layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan tingkat kepraktisan media dapat dilihat dari penilaian umum validator yang menyatakan layak digunakan, hasil tabulasi evaluasi siswa tuntas 87%, dan hasil pengamatan aktivitas siswa menujukkan persentase pertanyaan siswa 15%. Hal ini menyatakan bahwa media pembelajaran dinilai praktis. Hasil evaluasi siswa didapat nilai rata-rata kelas tindakan yang menggunakan produk pengembangan adalah 81,51, sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan produk pengembangan adalah 74,67. Berdasarkan hasil validasi beberapa ahli, hasil evaluasi siswa, dan pengamatan aktivitas siswa, media pembelajaran dinilai praktis, efektif dan valid/ layak digunakan tanpa revisi. Mengacu dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu: (1) Bagi guru senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan renovasi pembelajaran menggunakan multimedia diantaranya dengan menggunakan komputer. (2) Hendaknya siswa dapat meningkatkan belajarnya dengan semangat yang tinggi demi tercapainya hasil belajar yang maksimal. (3) Diharapkan bagi pengembang lain dapat mengembangkan produk lainnya yang berkaitan dengan media pembelajaran. Sehingga pengembangan lebih kreatif dan muncul produk-produk baru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:23 |
Last Modified: | 08 Dec 2014 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/368 |
Actions (login required)
View Item |