LAILIN ROHMAWATI, 12204193015 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA (MODISCORA) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS XI MIPA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Siswa Kelas XI MIPA” ini ditulis oleh Lailin Rohmawati, NIM. 12204193015, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, GeoGebra, Motivasi, Hasil Belajar. Pembelajaran di kelas yang belum berfokus pada siswa dan pemanfaatan media belajar matematika yang belum sesuai serta anggapan siswa bahwa matematika adalah pelajaran sulit, berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Sehingga perlu adanya perpaduan antara model dan media pembelajaran yang memfasilitasi siswa agar menjadi individu aktif saat pembelajaran di kelas. Model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) adalah kombinasi antara model discovery learning dengan media pembelajaran yang digunakan GeoGebra. Tujuan penelitian ini, 1) untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap motivasi belajar matematika materi lingkaran siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan; 2) untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan; dan 3) untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiments dan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan dua kelas sampel, yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan 1) angket untuk mengukur motivasi belajar siswa; dan 2) tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan yang telah memenuhi kriteria pengambilan keputusan, maka 1) ada pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap motivasi belajar matematika materi lingkaran siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan Blitar; 2) ada pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan Blitar; dan 3) ada pengaruh model discovery learning berbantuan GeoGebra (Modiscora) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193015 LAILIN ROHMAWATI |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 06:24 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36816 |
Actions (login required)
View Item |