STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR‟AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM TULUNGAGUNG

VINA NUR AINASANIAH, 12205193133 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR‟AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam proses menghafal al-Qur‟an. Anak usia sekolah dasar masih memerlukan dukungan penuh atau motivasi dalam melakukan sesuatu, khususnya dalam menghafal al-Qur‟an. Banyak peserta didik yang kurang maksimal dalam proses menghafal dikarenakan rasa jenuh dan menganggap bahwa menghafal al-Qur‟an bukanlah hal yang mudah. Sehingga pemberian motivasi dalam proses menghafal sangat diperlukan guna menambah semangat peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti strategi guru dalam meningkatkan motivasi menghafal al-qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru meningkatkan motivasi intrinsik dalam menghafal al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru meningkatkan motivasi ekstrinsik dalam menghafal al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik menghafal al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik menghafal al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung terdapat beberapa strategi, diantaranya yaitu adanya minat, adanya ketertarikan, adanya kemauan, dan adanya tujuan. (2) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik menghafal al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung terdapat beberapa strategi, diantaranya yaitu pemberian perhatian, pemberian pujian, pemberian penghargaan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk siswa. (3) Hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur‟an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tulungagung yaitu kurang adanya dukungan dari orang tua dan siswa, kurang adanya minat dan semangat, dan siswa yang kurang lancar dalam membaca al-Qur‟an. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru memberikan beberapa solusi diantaranya dengan memberikan pemahaman kepada wali murid untuk selalu memberikan perhatian dan membimbing anak dalam menghafal al-Qur‟an, meningkatkan minat anak dengan bermain sebentar di tengah-tengah pembelajaran, serta guru memberikan perhatian khusus bagi anak- anak yang masih kurang lancar membaca al-Qur‟an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Ainasaniah 12205193133 Vina
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:55
Last Modified: 03 Jul 2023 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36824

Actions (login required)

View Item View Item