ISNA AZIZAH AULIA, 12205193012 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KURANGNYA MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (748kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kurangnya Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu AL- ASROR Ringinpitu Tulungagung” ini ditulis Isna Azizah Aulia, NIM. 12205193012. Pembimbing: Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Minat Baca, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengatasi kurangnya minat baca pada peserta didik. Pendidik harus memiliki strategi yang matang dan efektif pada saat pembelajaran di dalam kelas untuk mempengaruhi kualitas pendidikan yang baik. Oleh karena itu guru akidah akhlak di SDIT AL-ASROR Ringinpitu perlu melakukan strategi yang sesuai untuk mengatasi kurangnya minat baca peserta didik. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi kurang-nya minat baca peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-ASROR Ringinpitu Tulungagung (2) Bagaimana implementasi guru akidah akhlak dalam mengatasi kurang-nya minat baca peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-ASROR Ringinpitu Tulungagung (3) Bagaimana evaluasi guru akidah akhlak dalam mengatasi kurang-nya minat baca peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-ASROR Ringinpitu Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Verification), Teknik keabsahan data dengan triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan guru akidah akhlak dalam mengatasi kurangnya minat baca peserta didik adalah a) mempersiapkan materi yang akan dibahas, b) pengaktifan kembali perpustakaan, c) perencanaan sebuah trick dan metode, d) perencanaan strategi di dalam kelas agar tidak jenuh. 2) Implementasi guru akidah akhlak dalam mengatasi kurangnya minat baca peserta didik adalah a) pembiasaan membaca 5-10 menit sebelum pembelajaran dimulai, b) guru menunjuk peserta didik yang pasif, c) sebelum dibaca guru menyuruh peserta didik untuk merangkum materi, d) membaca materi dan menyimak materi yang disampaikan oleh guru, e) membaca materi secara bersama-sama atau secara berkelompok. 3) Evaluasi guru akidah akhlak dalam mengatasi kurangnya minat baca peserta didik adalah a) memberikan nilai plus bagi peserta didik yang menjawab soal dan kuis dengan benar, b) maju ke depan untuk menjelaskan pokok materi, c) berdiskusi dan menjawab soal secara bersama-sama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193012 ISNA AZIZAH AULIA |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 06:58 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36825 |
Actions (login required)
View Item |