MISRIANA ROHMATIN, 12201193009 (2023) ETIKA PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU MENURUT AZ-ZARNUJI BERDASARKAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Etika Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu Menurut Az�Zarnuji Berdasarkan Kitab Ta’limul Muta’alim” ini di tulis oleh Misriana Rohmatin, NIM 12201193009, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci: Etika Peserta Didik, Kitab Ta’limul Muta’alim Kitab Ta’limul Muta’alim berisi tentang etika peserta didik dalam menuntut ilmu untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Seiring perkembangan zaman dengan ditandai kecanggihan teknologi, membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat yang kemudian dikenal dengan masyarakat modern. Kehidupan masyarakat modern mengalami perubahan, sehingga perlu mengkaji ulang tentang etika dalam menuntut ilmu berdasarkan kitab Ta’limul Muta’alim yang akan disesuaikan dengan perubahan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan konsep etika menuntut ilmu menurut Az-Zarnuji. 2) Mendeskripsikan makna interpretatif etika dalam menuntut ilmu menurut Az-Zarnuji secara mendalam menggunakan analisis Hermeneutika Paul Ricoeur. 3) Mendeskripsikan bentuk relevansi etika dalam menuntut ilmu menurut Az-Zarnuji dengan etika pelajar saat ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, yaitu memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan interpretatif karya sastra. Peneliti mengkaji teks menggunakan Hermeneutika Paul Ricouer, yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: Eksplanation (penjelasan), understanding (pemahaman), dan appropriation (kesesuaian). Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Konsep etika peserta didik menurut Az-Zarnuji, terdiri dari (1) Niat belajar. (2) Memilih ilmu, guru dan teman. (3) Memuliakan ilmu dan guru. (4) Tekun dan kesungguhan. (5) Tawakkal. (6) Waktu belajar. Kedua, Etika peserta didik berdasarkan analisis Hermeneutika Paul Ricoeur dapat disimpulkan bahwa (1) Niat dalam menuntut ilmu adalah untuk mengharapkan ridlo Allah. (2) Memilih ilmu, guru, dan teman adalah usaha untuk memilih yang terbaik agar mencapai keberhasilan. (3) Memuliakan ilmu dan guru adalah bentuk penghormatan dan rasa terimakasih. (4) Tekun dan kesungguhan adalah usaha yang dilalui dalam proses belajar. (5) Tawakkal adalah menyerahkan segala urusan kepada Allah. (6) Mengatur waktu adalah usaha menjadwal waktu tertentu untuk belajar. Ketiga, Relevansi etika peserta didik menurut Az-Zarnuji dengan pelajar saat ini, yaitu (1) Niat belajar ilmu diseleraskan untuk mendapatkan ridlo Allah dan menghilangkan kebodohan. (2) Pemilihan ilmu dan guru diatur oleh pemerintah dengan kebijakan yang sudah ditentukan. Pemilihan teman dimulai melalui pembiasaan diri, kemudian mengajak teman yang lain. (3) Peserta didik harus menghormati guru yang ditunjukkan dengan sikap yang baik. (4) Ketekunan dan kesungguhan dilakukan untuk mencapai literasi. (5) Menghilangkan kecemasan dalam diri dengan menjalankan akhlak terpuji untuk meningkatkan ketaqwaan. (6) Waktu belajar dilakukan lebih banyak di sekolah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Misriana Rohmatin |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:00 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36843 |
Actions (login required)
View Item |