STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKULIKULER PASKIBRAKA DI MIN 1 TULUNGAGUNG

ULYA DAROJAH, 12205193032 (2023) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKULIKULER PASKIBRAKA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

ABSTRAK Ulya Darojah. NIM 12205193032. Strategi Guru dalam Penanaman Karakter Disiplin pada Peserta Didik Melalui Ekstrakulikuler Paskibraka di MIN 1 Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Elvi Mu’awanah, S.Ag.M.Pd. Kata Kunci : Strategi, Peserta Didik, Karakter, Ekstrakulikuler Paskibraka Berdasarkan hasil observasi peneliti, di MIN 1 Tulungagung terdapat ekstrakulikuler paskibraka, yang masih jarang ditemukan di jenjang sekolah dasar lain. Ekstrakulikuler paskibraka MIN 1 Tulungagung sering sekali mendapat penghargaan dan membawa pulang piala dalam kegiatan lomba kreasi baris berbaris. Dibalik prestasi tersebut tentunya diperlukan sebuah kedisiplinan dalam berlatih. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakulikuler paskibraka di MIN 1 Tulungagung. Fokus penelitian: (1) Bagaimana strategi guru dalam menanmkan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakulikuler paskibraka di MIN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakulikuler paskibraka di MIN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam menanmkan karakter disiplin pada peserta didik melalui ekstrakulikuler paskibraka di MIN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskripsi. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru pendamping ekstrakulikuler paskibraka, pelatih ekstrakulikuler paskibraka, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triagulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian: (1)Pemberian sanksi atau teguran bagi siswa yang tidak disiplin, menyusun rencana kerja tahunan dan rencana kerja madrasah. (2) Kegiatan yang menunjang penanaman karakter disiplin pada peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler paskibraka di yaitu, latihan rutin seminggu sekali, pemantapan materi minimal 1 bulan sebelum lomba, pembiasaan membaca doa sebelum dan sesudah latihan serta pemberian motivasi. Hasilnya yaitu : peserta didik disiplin waktu dan disiplin aturan. (3) Evaluasi dalam ekstrakulikuler paskibraka MIN 1 Tulungagung yaitu, misi bagaimana cara mempertahankan kejuaraan, supaya di perlombaan selanjutnya tetap bisa meraih juara. Kemudian terkait peningkatan anggaran ekstrakulikuler paskibraka di MIN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193032 ULYA DAROJAH
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:31
Last Modified: 04 Jul 2023 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36869

Actions (login required)

View Item View Item