NADIA SETYA ASIH, 12209193032 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PLURALITAS MASYARAKAT INDONESIA KELAS VIII TINGKAT SMP/MTS (Studi Penelitian MTsN 5 Tulungagung, MTsN 3 Kediri, dan SMPN 1 Papar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Pluralitas Masyaraat Indonesia Kelas VIII Tingkat SMP/MTs (Studi penelitian MTsN 5 Tulungagung, MTsN 3 Kediri, dan SMPN 1 Papar)” ini ditulis oleh Nadia Setya Asih, NIM. 12209193032, Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terkait mata pelajara Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya materi Pluralitas Masyarakat Indonesia Kelas VIII. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 29 Oktober sampai 5 November 2022 di tiga sekolah pilihan, banyak ditemukan permasalahan seperti kurangnya pemanfaatan media, peserta didik merasa bosan dengan bahan ajar yang diberikan, cenderung tidak memperhatikan, sehingga pemahaman siswa kurang terhadap materi. Berdasarkan hal tersebut maka penggunaan media yang mudah dan dapat meningkatkan pemahaman adalah media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana analisis kebutuhan di sekolah terhadap media?, 2) Bagaimana proses pengembangan media video pembelajaran materi pluralitas masyarakat Indonesia kelas VIII tingkat SMP/MTs?. 3) Bagaimana hasil validitas pengembangan media video pembelajaran materi pluralitas masyarakat Indonesia kelas VIII tingkat SMP/MTs?. Penelitian ini ditujukan untuk pengembangan media pembelajaran yang digunakan sebagai peningkatan pemahaman siswa. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dan teknik analisis data deskriptif kualitatif serta statistik deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII pada tiga sekolah. Analisis data menggunakan skala linkert dengan hasil validasi media 81,5%, ahli materi 83,6%, guru IPS pada tiga sekolah yaitu 94.5%, 86,3%, dan 83,1% dari hasil tersebut maka dapat dikatakan valid. Sedangkan hasil respon peserta didik mendapat hasil 85%, 85%, dan 91%, sehingga media dikategorikan layak dan valid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193032 Nadia Setya Asih |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 10:35 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 10:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36884 |
Actions (login required)
View Item |