PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI NEGERI PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

FANDI AKMALUDIN, 2817123062 (2016) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI NEGERI PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung ini ditulis oleh Fandi Akmaludin, NIM. 2817123062, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Mind mapping, meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA kelas II di MIN Pucung Ngantru Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode pembelajaran mind mapping,. Penggunaan metode pembelajaran mind mapping dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran IPA, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar IPA peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. Dalam pengerjaan sekripsi ini diharapkan dapat memberikan manfaat berbagai pihak antara lain: bagi Kepala MIN Pucung Ngantru Tulungagung Sebagai pedoman dalam menyusun program pembelajaran yang lebih baik dan Sebagai motivasi untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran secara optimal, Bagi Guru MIN Pucung Ngantru Tulungagung untuk memperkaya metode penyampaian materi dalam proses pembelajaran, Bagi siswa MIN Pucung Ngantru Tulungagung untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Bagi Perpustakaan IAIN Tulungagung untuk Menambah literatur di bidang pendidikan mind mapping. Peneliti Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian yang selanjutnya. Terdapat empat langkah yang harus dilakukan proses pembelajaran berbasis Mind Mapping, yaitu: (1) Overview: Tinjauan Menyeluruh terhadap suatu topik pada saat proses pembelajaran baru dimulai, (2) Preview: Tinjauan Awal merupakan lanjutan dari Overview sehingga gambaran umum yang diberikan setingkat lebih detail daripada Overview, (3) Inview: Tinjauan Mendalam yang merupakan inti dari suatu proses pembelajaran, di mana suatu topik akan dibahas secara detail, terperinci dan mendalam, (4) Review: Tinjauan Ulang dilakukan menjelang berakhirnya jam pelajaran dan berupa ringkasan dari bahan yang telah diajarkan serta ditekankan pada informasi, konsep atau rumus penting yang harus diingat atau dikuasai oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata tes akhir siklus I adalah 74,57 (65,71%.) sedangkan pada test akhir siklus II adalah 81,42 (82, 85%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas II MIN Pucung Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123062 FANDI AKMALUDIN
Date Deposited: 29 Mar 2017 01:40
Last Modified: 29 Mar 2017 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item