PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

LIKE WAHYU ANGGRAINI, 12205193197 (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Like Wahyu Anggraini, NIM 12205193197, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci : Pembentukan Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya membentuk peserta didik berkarakter baik dan selalu mengingat Allah, apalagi di zaman kecanggihan teknologi dapat dengan mudah mempengaruhi peserta didik yang usianya sangat labil dan tertarik hal baru yang belum pernah dijumpai. Jika dibiarkan dapat membuat peserta didik melupakan kewajibannya sebagai seorang hamba Allah. Oleh sebab itu, banyak sekolah memiliki program kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter peserta didik yang religius. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Adapun fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan sholat dhuha di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan qira’ah mujawwadah di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan menghafal juz amma di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya berupa triangulasi, teman sejawat dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan sholat dhuha di MI Darul Huda dilakukan setiap hari sebelum kegiatan pelajaran. Tujuannya untuk membentuk karakter peserta didik yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan ibadah sholat wajib maupun sunnah. Kegiatan ini wajib diikuti semua peserta didik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pembiasaan yang diwajibkan bagi semua peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Dimulai dengan membaca niat secara munfarid tetapi bacaannya dibaca keras dan gerakkannya dilakukan secara berjamaah. Perubahan karakter peserta didik menjadi semakin terlatih dan terbiasa disiplin dan bertanggung jawab dalam beribadah, bersuci, meningkatkan iman dan pendekatan diri kepada Allah. (2) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan qira’ah mujawwadah di MI Darul Huda dilaksanakan setiap hari Selasa. Tujuannya untuk melatih membaca Alquran dengan menggunakan lantunan lagu sesuai mahkraj dan tajwid yang benar, menyalurkan dan mengembangkan peserta didik yang memiliki suara indah dalam membaca Alquran. Kegiatan ini wajib diikuti peserta didik kelas 3 sampai kelas 6, dikarenakan peserta didik kelas 1 dan kelas 2 kebanyakan masih jilid dan susah diatur. Metode yang digunakan ustad dalam mengajar qira’ah adalah pembiasaan dengan mencontohkan bacaan tiap ayat secara berulang-ulang dan ditirukan peserta didik secara bergantian. Perubahan karakter peserta didik menjadi senang membaca Alquran dengan lantunan lagu, dapat menyalurkan bakat qira’ah dalam kegiatan masyarakat maupun perlombaan serta lebih disiplin berangkat sekolah. (3) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan menghafal juz amma dilaksanakan setelah berdoa sebelum mulai pembelajaran. Tujuannya untuk melatih, mencetak dan syiar kepada masyarakat bahwa peserta didik MI Darul Huda tidak hanya dapat membaca Alquran tetapi juga terampil menghafal surat-surat di juz amma. Kegiatan ini wajib diikuti semua peserta didik. Metode yang digunakan pendidik yaitu pembiasaan membimbing menghafal juz amma secara pelan-pelan, konsisten dan mengulang-ulang bacaan yang diikuti peserta didik secara bersama-sama. Perubahan karakter peserta didik menjadi terampil menghafal surat-surat di juz amma sehingga bacaan surat pendek ketika sholat lebih beragam, membentuk karakter jujur, disiplin, sopan dan santun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193197 Like Wahyu Anggraini
Date Deposited: 05 Jul 2023 05:31
Last Modified: 05 Jul 2023 05:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item