MIATASARI, 12208183166 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB PADA MATERI ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (889kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Materi Animalia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Trenggalek”, ditulis oleh Miatasari, NIM. 12208183166, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, web, Materi Animalia, Kelayakan, Hasil Belajar. Penelitian dan pengembangan e-modul berbasis web materi Animalia ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi Animalia. Materi Animalia memiliki cakupan yang luas serta banyaknya penggunaan bahasa latin, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran dengan baik, karena terbatasnya materi dalam bahan ajar yang diberikan guru. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis web, penggunaan e-modul dengan desain menarik, dilengkapi dengan gambar dan juga video diharapkan dapat mempermudah peserta didik mempelajari materi baik secara mandiri maupun dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mendeskripsikan kelayakan produk e-modul berbasis web pada materi Animalia kelas X SMAN 2 Trenggalek (2) Untuk mendeskripsikan keefektifan produk e-modul berbasis web pada materi Animalia kelas X SMAN 2 Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangaan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan tahap Evaluation. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X di SMAN 2 Trenggalek, sedangkan sampel penelitian eksperimen dilakukan oleh peserta didik kelas X.3 sebagai kelas kontrol dan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen. Metode eksperimen penggunaan e-modul animalia terhadap peningkatan hasil belajar menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental, dan menggunakan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan metode persentase untuk menganalisis data angket dan statistik parametrik uji-t untuk menganalisis efektivitas produk. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Hasil uji kelayakan e-modul berbasis web dilakukan oleh 3 validator yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru biologi kelas X. Hasil validasi kelayakan materi mencapai 89,00%, kelayakan media mencapai 94,00%, dan kelayakan menurut guru Biologi mencapai 94,00%. Hasil uji keterbacaan atau respon siswa mencapai 82,61% dengan kategori efektif. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan e-modul berbasis web materi Animalia pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dan perbedaan hasil tersebut dialakukan analisis uji-t dengan hasil sig. 2-tailed 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis H1 diterima dengan kesimpulan bahwa e-modul berbasis web efektif sebagai media belajar untuk mempelajari materi Animalia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183166 MIATASARI |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:35 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37088 |
Actions (login required)
View Item |