PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU

AVIRA INDRIANA GAYATRI, 12204193142 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh guru matematika yang seringkali menggunakan bahan ajar yang sudah tersedia seperti buku paket sekolah dan modul dari internet. 28 dari 33 siswa kelas VIII E mengatakan tidak memiliki minat yang tinggi dalam belajar matematika karena bahan ajar yang tidak menarik dan pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika, (2) mendeskripsikan kevalidan e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika, (3) mendeskripsikan kepraktisan penggunaan e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika, (4) mendeskripsikan keefektifan penggunaan e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Data penelitian didapatkan dari hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan peningkatan minat belajar siswa. Sedangkan subjek untuk penelitian ini ada 26 siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini didapatkan (1) terdapat 5 tahapan pada model pengembangan ADDIE dalam pengembangan e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika yaitu tahap analyze (analisis), design (desain produk), development (pengembangan produk), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi), (2) hasil dari uji kevalidan dari produk e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika mendapatkan persentase 78, 1% dari segi materi dan 80% untuk segi media, yang mana masuk kategori valid. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika ini valid dari segi materi dan media, (3) hasil dari uji kepraktisan didapatkan persentase 80% dan masuk kategori praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis kontekstual ini praktis digunakan oleh guru dalam pembelajaran, (4) hasil uji keefektifan peningkatan minat belajar, skor n-gain yang didapatkan untuk kelompok kecil 62% dan kelompok besar 69% yang mana keduanya masuk kategori cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis kontekstual pada materi statistika ini cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas VIII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193142 Avira Indriana Gayatri
Date Deposited: 09 Jul 2023 04:22
Last Modified: 09 Jul 2023 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37102

Actions (login required)

View Item View Item