STRATEGI PEMASARAN IKAN CUPANG DALAM PENINGKATAN EKONOMI (Studi Kasus di Komunitas Ikan Cupang Sumde Beta Tulungagung)

MUHAMMAD KHOIRUR ROFI UDIN, 12402183265 (2023) STRATEGI PEMASARAN IKAN CUPANG DALAM PENINGKATAN EKONOMI (Studi Kasus di Komunitas Ikan Cupang Sumde Beta Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Pemasaran ikan cupang memerlukan strategi khusus karena peminat dari ikan ini terbilang relatif belum banyak di Indonesia. Dalam pemasaran terdapat strategi yang memadukan semua faktor yang dikendalikan oleh pemimpin pasar untuk mempengaruhi kebutuhan konsumen akan barang dan jasa seperti produk, harga, promosi, dan lokasi. Tujuan pemasaran ini adalah untuk menciptakan kepuasan pelanggan di benak pelanggan sebagaimana di Komunitas Ikan Cupang Sumde Beta Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bertujuan mengetahui strategi pemasaran ikan cupang dalam peningkatan ekonomi pada Komunitas Ikan Cupang Sumde Beta Tulungagung, 2) Bertujuan mengetahui upaya mempertahankan usaha ikan cupang dalam peningkatan ekonomi pada Komunitas Ikan Cupang Sumde Beta Tulungagung Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif induktif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran ikan cupang di Komunitas Ikan Cupang Sumde Betta Tulungagung adalah dengan menerapkan manajemen strategi mix Marketing untuk peningkatan ekonomi yang pada aspek produk dengan memberikan brand, tampilan ikan yang menarik, serta kualitas ikan yang memiliki warna, ukuran, dan kondisi yang bagus. Kemudian pada aspek harga, dilakukan penetapan harga produk dengan meninjau dari kenaikan bahan usaha, kondisi pasar, dan tantangan pada budidaya. Pada aspek promosi, pemasaran produk ini adalah dengan penjualan secara online, dan offline sehingga dapat bisa menjangkau wilayah yang luas, Pada aspek lokasi, pemasaran produk ini menggunakan lokasi tempat yang sederhana, strategis dan mudah untuk dijangkau meskipun di daerah pedesaan namun tetap memperhatikan kebersihan dan tempat usaha. 2) Upaya untuk mempertahankan usaha ikan cupang dalam meningkatkan ekonomi pada Komunitas Ikan Cupang Sumde Betta Tulungagung antara lain adalah dengan menjalankan kegiatan pemasaran secara baik dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh budidaya ikan cupang, serta meningkatkan penjualan produk. Segmentasi pemasaran pada Komunitas Ikan Cupang Sumde Betta Tulungagung tidak dilakukan dengan mendetail karena produk tersebut cocok dikonsumsi pada semua usia, elemen, dan kalangan masyarakat menengah ke atas khususnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183265 Muhammad khoirur rofi udin
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:54
Last Modified: 06 Jul 2023 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37139

Actions (login required)

View Item View Item