MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN 1 BOYOLANGU

SEPTIANA NURMALIZA, 12207193106 (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu” yang ditulis oleh Septiana Nurmaliza, NIM 12207193106, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M. Pd.I. Mutu pembelajaran yang baik akan menghasilkan keluaran (lulusan) yang baik juga, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerjasama antar manajemen yang ada di sekolah. Salah satu manajemen yang berperan penting yakni manajemen sarana dan prasarana. Dikarenakan manajemen sarana dan prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat menunjang jalannya proses pembelajaran, untuk memperoleh hasil belajaryang optimal. Agar hal tersebut dapat terlaksana, maka sarana dan prasaranatersebut hendaknya dikelola dengan baik untuk kepentingan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat menimbulkan kesadaran dalam pengadaan sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga pendidik akan lebih mudah dalam penyampaian materi serta peserta didik akan lebih bisa menangkap penyampaian materi, sehingga mutu pembelajaran dapat tercapai dengan efektif, efisien dan optimal. Fokus penelitian pada penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu?, 2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu?, 3) Bagaimana evaluasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu?. Dengan tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu, 3) Untuk mengetahui evaluasi pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data-data yang diuraikan secara deskriptif melalui uraian kata-kata dan bukan dengan uraian angka-angka, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu dimulai dengan pengecekan sarana dan prasarana yang masih layak pakai (inventarisasi) dan kebutuhan dari warga sekolah dalam bidang sarana dan prasarana, kemudian dibuatlah skala prioritas dalam pengadaan maupun perbaikan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan dana yang disediakan oleh sekolah, 2) Pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu dengan menjalankan beberapa fungsi yang meliputi perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan, penghapusan dan pertanggungjawaban, 3) Evaluasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMAN 1 Boyolangu dilakukan dengan diadakannya rapat internal dan ANBK dari ekternal, dan untuk evaluasi pembelajaran dilakukan ujian haria, UTS da UAS. Kata Kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193106 Septiana Nurmaliza
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:11
Last Modified: 06 Jul 2023 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37222

Actions (login required)

View Item View Item