TUTIK ALAWIYAH, 12201193373 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN MORAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (419kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Moral Peserta Didik Di MAN 1 Kota Kediri” ini ditulis oleh Tutik Alawiyah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 12201193373, Tahun 2023, dibimbing oleh Dr Indah Komsiyah M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembinaan, Moral Pembinaan moral (moral yang baik) peserta didik melalui memberikan bimbingan, pengawasan dan pengajaran moral pada peserta didik. Tujuannya supaya siswa bisa membedakan mana moral yang baik dan mana moral yang buruk. Dengan demikian peserta didik akan paham dan mengerti bahwa perbuatan yang baiklah yang harus mereka kerjakan. Dalam kenyaatanya, hasilnya ternyata, belum semua peserta didik menunjukkan dan memiliki perilaku moral atau akhlak yang mulia secara utuh. Dapat dikatakan bahwa pendidikan disekolah belum efektif dalam membina akhlak siswa-siswannya. Contohnya seperti cara berpakaian, cara berbicara antar teman dilokasi sekolah, bulliying antar sesama siswa, datang terlambat, melanggar peraturan yang dibuat sekolah dan lain-lain sebagainya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanana strategi guru akidah akhlak dalam membina sopan santun peserta didik di MAN 1 Kota kediri? 2) Bagaimanana strategi guru akidah akhlak dalam membina kejujuran peserta didik di MAN 1 Kota kediri? 3) Bagaimanana strategi guru akidah akhlak dalam membina tanggungjawab peserta didik di MAN 1 Kota kediri? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam membina sopan santun, kejujuran dan tanggung jawab peserta didik di MAN 1 Kota kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MAN 1 Kota Kediri. Data yang peneliti dapatkan dari Guru akidah akhlak dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Berdasarkan analisis data penelitian menemukan yaitu: 1) Dalam membina Sopan Santun, strategi Guru Akidah Akhlak di MAN 1 Kota Kediri adalah Memberikan teladan dan pembiasaan kepada seluruh peserta didik bagaimana bersikap sopan santun kepada orang yang lebih tua, memberikan penjelasan dan selalu memberikan nasehat kepada peserta didik utamanya pada saat proses pembelajaran, menyuruh untuk membudayakan gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) kepada semua warga sekolah. 2) Dalam membina Kejujuran, strategi Guru Akidah Akhlak di MAN 1 Kota Kediri adalah memberikan motivasi untuk bersikap jujur, memantau dan memberikan pengawasan peserta didik dalam kewajibannya. 3) Dalam membina Tanggung Jawab, strategi Guru Akidah Akhlak di MAN 1 Kota Kediri adalah guru memberikan teladan atau contoh bertanggung jawab, melakukan pembisaan dalam kehidupan sehari-hari terkait tanggung jawab, Dan memberikan Memberikan nasehat kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang ketahuan tidak melaksanakan tanggung jawabnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 12201193373 Tutik Alawiyah |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 03:00 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37234 |
Actions (login required)
View Item |