ARIANI SUSILO, 12209193005 (2023) PEMANFAATAN SITUS CANDI TIKUS SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENERAPAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X MA AL-MUSLIHUN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (940kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (530kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (499kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (511kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) | Preview |
Abstract
Susilo, Ariani, 2023 Pemanfaatan Situs Candi Tikus Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Dengan Penerapan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas X MA Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Dita Hendriani, M.A.NIP: : 197912202014032001 Kata Kunci: Candi Tikus, Sumber Pembelajaran,Metode Inkuiri Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa kelas X MA AL-Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah yang dilakukan didalam kelas dengan cara konvensional yang terkesan monoton dan membosankan. Hal ini sangat mempengaruhi cara berfikir, kreatifitas serta pemahaman siswa terhadap materi dan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal karena itu perlu dilakukan inovasi metode pembelajaran sehingga muncul gagasan dari peneliti untuk meneliti pemanfaatan Candi Tikus sebagai sumber belajar sejarah dengan penerapan metode inkuiri . Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini 1. Bagaimana langkah-langkah pembelajaran sejarah, 2. Apa faktor pendukung dan penghambat, dan 3. Bagaimana implikasi pelaksanaan pembelajaran sejarah (dengan pemanfaatan Situs Candi Tikus sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan penerapan metode inkuiri pada siswa kelas X MA Al-Muslihun Tulungagung).Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pembelajaran sejarah, apa saja faktor pendukung dan penghambat, dan bagaimana implikasi pelaksanaan pemanfaatan Situs Candi Tikus sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan penerapan metode inkuiri pada siswa kelas X MA Al-Muslihun Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati kegiatan pembelajaran Sejarah kelas X MA AL-Muslihun Kalidawir ketika didalam kelas dan luar kelas yang pelaksanaanya di Candi Tikus Trowulan, Mojokerto. Data dan informasi dari penelitian ini berupa hasil wawancara, informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan pemanfaatan Situs Candi Tikus sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan penerapan metode inkuiri. Hasil penelitian ini menunjukan metode pembelajaran sangat berpengaruh pada minat belajar, cara berfikir siswa dan hasil belajarnya. Dengan memanfaatkan Candi Tikus sebagai sumber pembelajaran sejarah siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu dana kegiatan yang besar, namun di sisi lain faktor pendukung yaitu terdapatnya sarana dan prasarana yang memadai. Dengan pengunaan metode inkuiri yang pembelajaranya membebaskan siswa untuk berfikir kritis dalam memecahkan permasalahan yang ditemuinya sehingga menciptakan suasana kondusif serta pembelajaran yang menarik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193005 ARIANI SUSILO |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 05:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 05:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37324 |
Actions (login required)
View Item |