VERA TRI KURNIA SARI, 12201193261 (2023) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP TERPADU DARUR ROJA’ SELOKAJANG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelit ian dengan judul “Strategi Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Budaya Religius di SMP Terpadu Darur Roja’ Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Vera Tri Kurnia Sari, NIM 12201193261, dosen pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci Strategi, Pendidikan Karakter, Mengembangkan Budaya Religius Masalah remaja, terutama peserta didik adalah mereka cepat marah dan mudah terprovokasi. Selain itu, banyak peserta didik saat ini menyalahgunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan meminum alkohol. Faktanya, data ini diperburuk oleh stigma yang diasosiasikan dengan peserta didik yang terlibat dalam pergaulan bebas. Fenomena ini dapat diilustrasikan sebagai sosok bangsa yang berada dalam kondisi Split Personality (kepribadian yang pecah, tidak utuh). Selain itu, perkembangan media massa membawa dampak positif dan negative dalam proses perkembangan peserta didik. Lembaga pendidikan, sangat berperan dalam pembentukan karakter dan kepribadian moral peserta didik untuk memberikan pemahaman dan pertahanan peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai agama, membantu mereka terhindar dari jebakan berbahaya media massa dan berkembang menjadi manusia yang berkepribadian, berakhlak, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius di SMP Terpadu Darur Roja’ Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius di SMP Terpadu Darur Roja’ Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar ? (3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius di SMP Terpadu Darur Roja’ Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar? Penelitian ini mengguanakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius dengan merumuskan karakter yang ingin dikembangkan, menyiapkan sumber daya lingkungan, komitmen bersama yang dilakukan secara konsisten, (2) pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius dibagi menjadi 3 bentuk pelaksanaan yaitu integrasi dalam program pengembangan diri, integrasi dalam mata pelajaran, dan integrasi dalam budaya sekolah. (3) evaluasi pendidikan karakter dalam mengembangkan budaya religius melalui laporan bulanan yang dibuat oleh pembimbing yang dikontrol dalam absensi disetiap kegiatan budaya religius dan hasilnya dalam bentuk RAPOR.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193261 Vera Tri Kurnia Sari |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 05:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 05:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37330 |
Actions (login required)
View Item |