VELDA ATHA AURELIA, 12207193112 (2023) MANAJEMEN BUDAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (919kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Budaya Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ditulis oleh Velda Atha Aurelia, NIM 12207193112. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Drs. H. Imam Saerozi, M.H.I., NIP. 196407181992031001. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena manajemen budaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lembaga madrasah. Madrasah ini menekankan pada manajemen budaya madrasah guna mencapai peningkatan kualitas lembaga serta sebagai bentuk identitas lembaga. Peneliti menyoroti salah satu lembaga pendidikan Islam setingkat sekolah menengah pertama yang memiliki tingkat minat masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya yang tinggi di lembaga pendidikan Islam melihat pengelolaan budaya madrasah yang baik yang mampu menghasilkan output yang baik melalui penanaman nilai-nilai budaya madrasah. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan budaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lembaga di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan budaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lembaga di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan budaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lembaga di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?Dalam penelitian penulis menggunakan : pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, guru Bimbingan Konseling, Guru dan Ketua Yayasan. Teknis analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan program budaya madrasah diawali dengan analisis gejala yang terjadi di lapangan yang kemudian dari hasil analisis gejala perencanaan dilanjut melalui rapat koordinasi untuk menyusun program kegiatan budaya madrasah kemudian melakukan analisis untuk mengetahui kesiapan madrasah dalam melaksanakan program kegiatan, program kegiatan siswa mengacu pada visi misi dan tujuan madrasah (2) pelaksanaan program kegiatan budaya madrasah terdiri daripelaksanaan program kegiatan budaya madrasah ada untuk meningkatkan kualitas madrasahdan sebagai bentuk identitas madrasah, memberikan pengenalan kepada peserta didik tentang budaya madrasah. (3) Evaluasi program kegiatan budaya madrasah terdiri dari evaluasi tulis dan non tulis, evaluasi dilakukan setiap hari, semiggu sekali dan setahun sekali, menentukan kriteria atau tolak ukur keberhasilan untuk mengetahui ketercapaian tujuan dan menindaklanjuti hasil dari evaluasi. Kata Kunci : Manajemen, Budaya Madrasah, Kualitas Lembaga
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193112 Velda Atha Aurelia |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37335 |
Actions (login required)
View Item |