STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE AT-TARTIL DI MI PERWANIDA MOJOWARNO JOMBANG

UMULATIFATU SYAYIDATU ZAHRO', 12205193065 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE AT-TARTIL DI MI PERWANIDA MOJOWARNO JOMBANG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Umulatifatu Syayidatu Zahro’. NIM. 12205193065. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kefasihan Siswa Membaca Al-Qur’an melalui Metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata kunci: Strategi Guru, Kefasihan Siswa Membaca Al-Qur’an, Metode At-Tartil Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang malas dalam membaca Al-Qur’an sehingga tingkat kelancaran siswa menjadi lemah. Maka dari itu metode dalam membaca Al-Qur’an sangat diperlukan untuk meningkatkan kefasihan siswa. Salah satu metode yang mampu membantu meningkatkan kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an yaitu metode At-Tartil. Fokus dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang? (2) Bagaimana faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang? (3) Bagaimana faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman, berupa reduksi data, data display, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi dengan menggunakan strategi demonstrasi dan strategi drill. (2) Faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang yaitu guru yang bermutu, media pembelajaran, dan lingkungan yang kondusif. (3) Faktor pengambat strategi guru dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an melalui metode At-Tartil di MI Perwanida Mojowarno Jombang yaitu kurangnya minat belajar siswa, kurangnya perhatian dan motivasi dan kurangnya sarana sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193065
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:23
Last Modified: 10 Jul 2023 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37343

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item