TRI ASTUTIK, 12201194081 (2023) PENANAMAN NILAI KARAKTER ISLAMI MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini ditulis oleh Tri Astutik, NIM. 12201193081, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan judul “Penanaman Nilai Karakter Islami Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Peserta Didik MTsN 3 Tulungagung”. Dosen Pembimbing Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 199309222020122015 Kata Kunci : Nilai Karakter Islami, Pembelajaran Akidah Akhlak Pendidikan adalah usaha sadar dengan sengaja direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan karakter yang ditanamkan oleh guru hendaknya harus sampai melekat pada jiwa peserta didik sehingga perbedaan karakter tidak muncul antara lingkungan madrasah dan lingkungan luar madrasah. Kegiatan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di madrasah akan melahirkan lebih baik lagi generasi Islam yang memiliki karakter muslim yang mulia, cerdas dalam mengatasi permasalahan global dengan landasan iman dan taqwa, baik lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Penanaman nilai karakter merupakan usaha aktif untuk menanamkan suatu sikap dan perilaku yang patuh. Oleh sebab itu, maka pengenalan, membentuk, dan memperkuat nilai karakter islami sangat penting dalam ranah pendidikan khususnya di MTsN 3 Tulungagung. Peneliti menjadikan pembelajaran akidah akhlak sebagai objek penelitian, dimana pembelajaran akidah akhlak dapat memperkenalkan, membentuk, dan memperkuat nilai karakter islami dalam proses membentuk akhlak terpuji peserta didik pada masa remaja. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan akhlak peserta didik dan bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. Penanaman nilai karakter islami ini akan menjadikan peserta didik mampu secara mandiri mengembangkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai karakter islami sehingga terwujud dan benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hidup bertetangga ataupun bermasyarakat serta ketika di tempat ibadah maupun di tempat umum. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana memperkenalkan nilai karakter islami melalui pembelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Tulungagung ? 2) Bagaimana membentuk nilai karakter islami melalui pembelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Tulungagung ? 3) Bagaimana memperkuat nilai karakter islami melalui pembelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Tulungagung ? Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti ini adalah pendeketan deskriptif kualitatif. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ini terletak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tulungagung yang berada di Jl. Nasional III No.172, Kedungmanten, Aryojeding, Kec.Rejotangan, Kab. Tulungagung. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan meliputi wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi partisipan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pembelajaran akidah akhlak guru melaksanakan penanaman nilai karakter islami dengan pendekatan individual dan pendekatan kelompok serta berdasarkan RPP yang telah dibuat oleh guru pembelajaran akidah akhlak. Sekolah juga mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung keberlangsungan proses penanaman nilai karakter islami pada peserta didik, begitu pun guru memberikan pengarahan dan pembiasaan yang baik terhadap peserta didik. Dalam pelaksanaan pengenalan, pembentukan dan memperkuat nilai karakter islami guru pembelajaran akidah akhlak dan para guru lainnya menggunakan metode uswatun hasanah, pembiasaan, dan nasehat. Guru memberikan pendampingan terhadap peserta didik dari awal kegiatan pagi hingga akhir pembelajaran, pulang. Guru menganalisis pembiasaan dan program di sekolah apa saja yang masih kurang dan perlu ditingkatkan untuk proses penanaman nilai karakter islami. Guru juga mengadakan evaluasi berupa rapat rutin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201194081 TRI ASTUTIK |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37344 |
Actions (login required)
View Item |