PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI EKSTRA KULIKULER PRAMUKA DI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI TULUNGAGUNG

Hafid Suryo Prakoso, 2816133101 (2016) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI EKSTRA KULIKULER PRAMUKA DI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul DKK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I B.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Penerapan Metode Usmani Pada Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Di Pendidikan Guru Pengajar Al-Qur’an (PGPQ)Garum” ini ditulis oleh Rias Budiarti dengan dibimbing oleh Fathul Mujib M.Ag. Keyword: penerapan metode usmani. Kualitas bacaan al-qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah upaya lembaga pondok pesantren, dalam hal ini pondok pesantren memberikan materi dalam membaca Al-Qur’an dengan mudah dan praktis untuk santri. Belajar membaca al-Qur’an merupakan hal yang teramat penting bagi semua umat muslim sebagai modal untuk mendalami agama selanjutnya. Di kota Blitar, pemerintah melalui Peraturan walikota mewajibkan seluruh siswa di kota Blitar untuk mampu membaca al-Qur’an sebagai prasyarat untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. Metode usmani sebagai salah satu metode pembelajaran membaca al-Qur’an menjadi pilihan metode pembelajaran membaca al-Qur’an bagi santri di PGPQ Nurul Iman, karena tanpa menggunakan metode yang tepat maka hasil pembelajaran kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep pembelajaran Al-Qur’an dalam metode usmani di PGPQ Nurul Iman Garum? (2) Bagaiman penerapan metode usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Nurul Iman Garum? (3) Bagaiman kualiatas bacaan Al-Qur’an hasil dari penerapan metode usmani di PGPQ Nurul Iman Garum? Tujuan penelitian skripsi ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan konsep pembelajaran Al-Qur’an dalam metode usmani di PGPQ Nurul Iman Garum; (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Nurul Iman Garum ; dan (3) Untuk mendiskripsikan kualitas bacaan Al-Qur’an hasil dari penerapan metode usmani di PGPQ Nurul Iman Garum. Skripsi ini bermanfaat bagi PGPQ Nurul Iman Garum , dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an di masa yang akan datang. Bagi masarakat umum dapat dijadikan sebagai informasi dan bahan pertimbangan dalam pembelajaran Al-Qur’an, terutama bagi mereka yang mengelola taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan menjadi guru pendidik Al-Qur’an. Bagi IAIN Tulungagung dapat dijadikan sebagai khazanah keilmuan dan wawasan pembelajaran serta tambahan referensi tentang Metode Ustmani dalam pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Bagi peneliti sendiri yaitu akan memperkaya khazanah keilmuan berkaitan dengan pembelajaran membaca al Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil lokasi di PGPQ Nurul Iman Garum. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi , wawancara mendalam, dan dokumntasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini , maka dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan hasil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini , penulis menyimpulkan bahwa : (1) konsep pembelajaran Al-Qur’an dengan metode usmani di PGPQ Nurul Iman Garumat dibuat sebagai acuan pembelajaran.(2) penerapan metode usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an di PGPQ Nurul Iman Garum, ustad-ustadzah mengacu pada konsep pembelajaran yang sudah di paparkan dalam buku panduan PGPQ. (3) kualitas bacaan Al-Qur’an hasil dari penerapan metode usmani sangat baik, santri mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar, benar sesuai makhroj dan tajwidnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2816133101 Hafid Suryo Prakoso
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:48
Last Modified: 31 Aug 2016 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3735

Actions (login required)

View Item View Item