PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021

LUTHVIA NAZILATUL KHUSNA, 17201163223 (2023) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di MTsN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2020-2021,” ditulis oleh Luthvia Nazilatul Khusna, NIM. 17201163223 , Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing H. Abdullah Chakim, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Latar Belakang Pendidikan Siswa, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Latar belakang pendidikan disini adalah jenjang pendidikan yang ditempuh oleh siswa sebelum masuk ke jenjang berikutnya. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan formal yakni jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Dalam setiap tingkat pendidikan ada lembaga pendidikan yang bersifat umum dan lembaga yang bersifat keagamaan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan pembentukan watak dan kepribadian siswa, tetapi secara subtansial memberikan kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Siswa yang menempuh pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) tentunya tidak semua berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), terdapat beberapa pula yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Islam (SDI). Maka, terdapat perbedaan pengalaman belajar yang mereka dapatkan dari masing-masing sekolah dan tentunya hal ini akan berakibat pada hasil belajar yang akan mereka raih. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah ada perbedaan prestasi Akidah Akhlak, al-Qur'an Hadits, SKI, dan Fiqh pada siswa alumni SD, MI dan SDI di MTsN 3 Tulungagung tahun ajaran 2020-2021?, 2) Kelompok manakah diantara alumni SD, MI dan SDI yang memiliki nilai Akidah Akhlak, alQur'an Hadits, SKI, dan Fiqh paling tinggi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kausal komparatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan dokumentasi dan observasi. Analisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan uji beda Multivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pengaruh prestasi Akidah Akhlak, alQur'an Hadits, SKI, dan Fiqh pada siswa alumni SD, MI dan SDI di MTsN 3 Tulungagung tahun ajaran 2020-2021. Sesuai dengan hasil pengujian statistik yang dilaksanakan menunjukkan bahwa ada pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa latar belakang sekolah asal mempengaruhi kondisi belajar siswa di MTsN 3 Tulungagung. 2) Kelompok manakah diantara alumni SD, MI dan SDI yang memiliki nilai Akidah Akhlak, al-Qur'an Hadits, SKI, dan Fiqh paling tinggi. Sesuai dengan hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa kelompok siswa yang berasal dari MI memiliki rerata nilai yang lebih tinggi, SDI nomor kedua, dan SD nomor ketiga. Hal ini juga memperkuat hasil pengujian hipotesis bahwa ada pengaruh antara letar belakang pendidikan siswa dengan prestasi belajar siswa di MTsN 3 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163222 LUTHVIA NAZILATUL KHUSNA
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:37
Last Modified: 11 Jul 2023 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37385

Actions (login required)

View Item View Item