PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS TEMA PERSEBARAN NEGARA ASEAN KELAS VIII TINGKAT MTS/SMP (Studi Penelitian: SMPN 3 Kalidawir,SMP Mamba’us Sholihin 2, dan MTs Nurul Hidayah)

ISNA ZUMROTUL ABIDAH, 12209193065 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS TEMA PERSEBARAN NEGARA ASEAN KELAS VIII TINGKAT MTS/SMP (Studi Penelitian: SMPN 3 Kalidawir,SMP Mamba’us Sholihin 2, dan MTs Nurul Hidayah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Abidah isna zumrotul 202. Pengembangan Video Pembelajaran Ips Tema Persebaran Negara Asean Kelas Viii Tingkat Mts/Smp(Studi Penelitian: Smpn 3 Kalidawir,Smp Mamba’us Sholihin 2, Dan Mts Nurul Hidayah). Skripsi, juruan tadris ilmu pengetahuan sosial, fakultas tarbiah dan ilmu keguruan, universitas islam negeri sayyid ali rahmatuallah tulungagung. Pembimbing skripsi : hendra pratama, M.Pd. Kekurangan penggunaan media pembelajaran di sekolah mengakibatkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Oleh karena itu, sebuah penelitian pengembangan dilakukan untuk menemukan solusi yang efektif dan menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Metode R&D dengan pengembangan yang dipilih adalah Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dalam tahapannya. Teori yang digunakan menurut Rudi Bretz dengan jenis media pembelajaran yanag dapat diklasifikasikan berdasarkan indera yang digunakan. Penelitian ini melibatkan siswa dari tiga sekolah sebagai partisipan yaitu SMPN 3 Kalidawir, SMP Mamba’us Sholihin 02, MTS Nurul Hidayah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil dari uji validasi ahli menunjukkan bahwa media video pembelajaran materi persebaran negara ASEAN yang memiliki kategori valid melaksanaan sebuah uji validasi diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan guru. Peneliti melakukan uji validasi pada ahli media dengan hasil 84%, pada ahli materi 92,5%, guru SMPN 3 Kalidawir 90,7%, guru SMP Mamba’us Sholihin 02 92,3%, dan guru MTs Nurul Hidayah 91,7%. Selain itu, hasil dari uji skala kecil dan skala besar menunjukkan kualifikasi yang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini layak digunakan dalam penerapan pembelajaran sesuai dengan penghitungan prnrliti dengan menggunakan skala likert serta reability Kata kunci: Video pembelajaran persebaran negara ASEAN Metode R&D

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > ASEAN
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: DHIYAUDDIN AHMAD 17203163024
Date Deposited: 02 Aug 2023 09:22
Last Modified: 02 Aug 2023 09:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37432

Actions (login required)

View Item View Item