PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 4 JOMBANG

SEVIE ADE IRMA, 12201193050 (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irma, Sevie Ade. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi seorang peserta didik untuk menghadapi kehidupan, terutama dalam hal mencapai hasil belajar yang tinggi. Kecerdasan emosional dibutuhkan oleh peserta didik untuk memahami pelajaran di dalam kegiatan pembelajaran yang disajikan oleh guru, karena IQ tidak mampu berfungsi dengan baik tanpa adanya penghayatan emosional pada setiap mata pelajaran. Disamping itu, kecerdasan spiritual merupakan suatu kecerdasan tertinggi yang dapat menumbuhkan rasa kesadaran yang tinggi untuk belajar sehingga dapat membantu peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN 4 Jombang? (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN 4 Jombang? (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MAN 4 Jombang? Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, teknik pengambilan sampel dengan metode pengambilan acak sederhana, skala pengukuran yang digunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Jumlah responden untuk uji instrumen sebanyak 30 peserta didik kelas X MIA 3, dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 yaitu peserta didik kelas X PK 2 dan X IIK 2 MAN 4 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, (2) kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, (3) secara simultan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 4 Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > EQ
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193050 SEVIE ADE IRMA
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:54
Last Modified: 12 Jul 2023 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37537

Actions (login required)

View Item View Item