KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

FANHAS ZADID SAHARA, 12204183253 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran matematis pada siswa yang relatif rendah dalam memecahkan masalah pada soal. Siswa masih belum mampu dan kesulitan dalam memberikan alasan yang tepat terkait permasalahan yang diberikan serta masih kebingungan untuk memberikan bukti terkait pernyataan yang telah dibuat. Kemampuan penalaran matematis sangat dibutuhkan siswa untuk membantu berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan yang ada. Setiap siswa memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis yang berbeda, sehinga dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis ialah salah satunya dengan berlatih beberapa soal yang berkesinambungan dengan bernalar sehingga kedepannya kemampuan penalaran matematisnya dapat terasah dan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal garis dan sudut. (2) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal garis dan sudut. (3) Mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal garis dan sudut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-B di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tulis dan wawancara serta rekapan hasil ulangan harian siswa pada materi garis dan sudut. Tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematis dengan menggunakan 2 butir soal uraian yang berbentuk soal cerita. Wawancara dilakukan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal yang diikuti oleh 6 siswa dari 31 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan penalaran matematis rendah, 2 siswa berkemampuan penalaran matematis sedang dan 2 siswa berkemampuan penalaran matematis tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan penalaran matematis yang ditampilkan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan permasalahan yang disajikan memenuhi 0-1 indikator dari 5 (lima) indikator penalaran matematis yakni pada indikator menyajikan pernyataan baik secara lisan maupun tertulis. (2) Kemampuan penalaran matematis yang ditampilkan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan permasalahan yang disajikan memenuhi 2-3 indikator dari 5 (lima) Indikator penalaran matematis yakni pada indikator menyajikan pernyataan baik secara lisan maupun tertulis, mengajukan dugaan, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. (3) Kemampuan penalaran matematis yang ditampilkan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan permasalahan yang disajikan memenuhi 4-5 indikator dari 5 (lima) indikator penalaran matematis. Kedua subjek mampu untuk memenuhi kesemua indikator penalaran matematis yakni menyajikan pernyataan, mengajukan dugaan, memanipulasi matematika, menyusun bukti serta menarik kesimpulan dari pernyataan. Meskipun ada kekukarangan terkait kelengkapan penulisan dan juga ada keraguan dalam menentukan jawaban, namun terkait proses serta penjelasan subjek sangat baik dan runtut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183253 Fanhas Zadid Sahara
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:55
Last Modified: 21 Jul 2023 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37547

Actions (login required)

View Item View Item