KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X AK-4 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI ARITMATIKA DI SMKN 1 BANDUNG

NUR KHOLIFAH MAGHFIROH, 12204193212 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X AK-4 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATERI ARITMATIKA DI SMKN 1 BANDUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X AK-4dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi Aritmatika di SMKN 1 Bandung” ini ditulis oleh Nur Kholifah Maghfiroh, NIM.12204193212, dosen pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Masalah Open Ended, Materi Aritmatika Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika. Di dalam pembelajaran matematika seringkali siswa diharuskan untuk menyelesaikan masalah open ended. Masalah open ended adalah masalah terbuka yang mempunyai beberapa penyelesaian. Namun pada kenyataan yang terjadi di sekolah yakni para siswamasih kesulitan dalam memahami masalah open ended terlebih saat merancang langkah penyelesaiannya. Padahal masalah open ended ini penting karena membantu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis yang diperlukan dalam dunia akademik dan profesional. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X AK-4 dalam menyelesaikan masalah open ended materi aritmatika di SMKN 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari 36 siswakelas X AK-4, subjek penelitian diambil dari 4 siswa dengan langkah penyelesaian lebih dari satu dan jawaban benar satu.Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematis siswa kelas X AK-4 dalam memecahkan masalah open ended materi aritmatika mampu memenuhi 4 indikator yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Siswa X AK-4 memahami masalah dengan cara menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Kemudian siswa merencanakan pemecahan masalah dengan menuliskan rumus dan metode yang akan digunakan yakni prosedural, representasi visual, manual serta tabel. Siswa melaksanakan pemecahan masalah dengan menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah menggunakan metode tersebut. Kemudian siswa kelas X AK-4memeriksa kembali jawaban yang didapat dengan menghitung ulang dan memeriksa langkah penyelesaiannya serta menuliskan kesimpulan pada akhir jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:03
Last Modified: 18 Jul 2023 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37576

Actions (login required)

View Item View Item