PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 3 TULUNGAGUNG

LIA IZZATUN NABILA, 12205193255 (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Izzatun Nabila, NIM. 12205193255 dengan pembimbing ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci: motivasi membaca, minat membaca, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori motivasi dan minat membaca yang dikemukakan oleh Allan Wigfield, John T. Guthrie, dan Vera Ginting. Motivasi dan minat membaca merupakan hal yang penting dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang memiliki banyak bacaan dan terkesan membosankan. Maka dari itu dalam penelitian ini peneliti akan mencari tahu pengaruh motivasi dan minat membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian dilakukan di MIN 3 Tulungagung sebagai madrasah ibtidaiyah terakreditasi unggul serta memiliki budaya literasi pada peserta didiknya dan pernah menerbitkan buku pada masa pandemi sehingga peneliti meyakini bahwa peserta didik MIN 3 Tulungagung memiliki motivasi dan minat membaca yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh motivasi dan minat membaca siswa khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 3 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN 3 Tulungagung?; (2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN 3 Tulungagung?; (3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan minat membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini merupakan 75 siswa/i kelas IV di MIN 3 Tulungagung yang diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan minat membaca siswa. Instrumen penelitian dikatakan valid apabila telah melalui uji validaitas dan reliabilitas. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan dokumentasi berupa nilai rapor mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada semester ganjil 2022/2023. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis yaitu regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN 3 Tulungagung. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 9,529 > ttabel 1,666, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN 3 Tulungagung. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 9,897 > ttabel 1,666, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi dan minat membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MIN 3 Tulungagung. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung 62,153 > Ftabel 3,124, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193255 LIA IZZATUN NABILA
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:02
Last Modified: 20 Jul 2023 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37635

Actions (login required)

View Item View Item