MUH. SYAQIB, 12850121022 (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU (Studi Multi Situs di MAN 1 Polewali Mandar dan MAN 2 Polewali Mandar). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja guru (Studi Multisitus di MAN 1 Polewali Mandar dan MAN 2 Polewali Mandar)” ini ditulis oleh Muh. Syaqib, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munarji, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar. M.Pd. Kata Kunci: Supervisi Klinis, kinerja guru Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena di MAN 1 dan MAN 2 Polewali Mandar pada saat ini berusaha untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru yang merupakan suatu tuntutan kebutuhan pada tingkat satuan pendidikan, guru dituntut agar mampu mengelola proses pembelajaran secara efektif dari segi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Sehingga, yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana proses tersebut dapat berjalan dengan baik tentu dibutuhkan pengawasan yang baik proses pengawasan terhadap kegiatan pembelajaran dapat dilakukan oleh kepala madrasah sebagai bagian dari tugas manajerialnya dan oleh pengawas sekolah sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsinya. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana pendekatan supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja? (2) Bagaimana strategi supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja guru? (3) Bagaimana teknik supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja guru? (4) Bagaimana evaluasi supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja guru? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldnote) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan multi-situs. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara medalam, dan dokumentasi, teknik analisis data kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu penelitian dan triangulasi sumber serta teknik. Hasil penelitian ini, penulis menemukan bahwa: (1) Pendekatan supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja menggunakan pendekatan kolaboratif dengan cara kepala madrasah melakukan pengamatan kelas, serta mengadakan rapat untuk memberikan pengarahan dan bimbingan kepada guru, dan juga memberikan kebebasan kepada guru untuk mengungkapkan permasalahannya. (2) Startegi supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja guru menggunakan tiga tahapan meliputi; tahap pertemuan awal, tahap observasi, dan tahap pertemuan balikan. (3) Teknik supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja guru menggunakan dua teknik yaitu teknik individu dan teknik kelompok. Teknik individu delakukakan dengan mengadakan kunjungaan kelas. Sedangkan teknik kelompok dengan cara mengadakan pertemuan atau rapat untuk dapat menganalisis masalah yang muncul dalam proses pembelajaran yang dilakukan para guru. (4) Evaluasi supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas kinerja guru dilakukan dengan cara memberikan catatan dan penilaian kepada guru, memberi arahan kepada guru, tim supervsisi memberi laporan terkait supervisi yang dilakukan, melakukan penilaian hasil supervisi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12850121022 MUH. SYAQIB |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:17 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37647 |
Actions (login required)
View Item |