MAYORITA BANOWATI, 12306193113 (2023) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA E-COMMERCE PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Zaman semakin berkembang, berbagai macam kemudahan disajikan teknologi untuk memudahkan manusia salah satunya e-commerce. E-commerce merupakan suatu layanan perdagangan elektronik dengan menggunakan jejaring internet. Munculnya e-commerce membentuk perilaku komsumtif, perilaku konsumtif merupakan perilaku irasional dalam belanja yang ditandai dengan berbelanja secara berlebihan yang menimbulkan pemborosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan religiusitas dengan tingkat perilaku konsumtif pengguna e-commerce pada mahasiswa bimbingan konseling islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan skala The Centraly Religious Scale (CRS) untuk mengukur religiusitas dan menggunakan aspek Perilaku Konsumtif dari teori Engel, Blackwell dan Miniard untuk mengukur tingkat perilaku konsumtif. Analisis data menggunakan analisis linier sederhana menggunakan bantuan SPSS 25.0. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Bimbingan Konseling Islam dari semester 1 sampai semester 7 sebanyak 541 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 81 Mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini menujukkan tingkat perilaku konsumtif pengguna e-commerce dengan kategori rendah dengan presentase 60,49% dan tingkat religiusitas dengan kategori tinggi dengan presentase 75,31%. Terdapat hubungan yang signifikan antara religiusitas dengan perilaku konsumtif pengguna e-commerce. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,030<0,05 dan pengaruh yang diberikan bernilai negatif sebesar -0,241. Hubungan negatif dapat diartikan dengan semakin tinggi Religiusitas maka semakin menurun tingkat perilaku konsumtif pengguna E-commerce. Begitupun sebaliknya, semakin rendah Religiusitas maka semakin tinggi tingkat perilaku konsumti pengguna Ecommerce. Kata kunci: Religiusitas, perilaku konsumtif, e-commerce
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | S1 12306193113 Mayorita Banowati |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 14:07 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 14:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37661 |
Actions (login required)
View Item |