PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MIN 7 TULUNGAGUNG

TANIA CARRESA, 12205193061 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung" ini ditulis oleh Tania Carresa, NIM 12205193061, pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran Power Point, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih. Peserta didik merasa kurang tertarik dan merasa bosan ketika guru di dalam kelas mengajar dengan metode ceramah. Banyak peserta didik yang mengeluh mengantuk dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Menyikapi hal tersebut peneliti beranggapan menggunakan media pembelajaran power point dalam proses pembelajaran di kelas diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu atau quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MIN 7 Tulungagung yang berjumlah 77 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan kelas III-C sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu untuk uji prasyarat peneliti menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis peneliti menggunakan uji T-tes yaitu Independent Sample t-Test dan uji Paired t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran power point terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari perolehan penghitungan uji t yaitu independent samples t-Test diperoleh thitung motivasi belajar sebesar 8,989 dan ttabel untuk sampel 52 yaitu 2,064, dimana thitung > ttabel yaitu 8,989 > 2,064. Nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung. Hal ini berdasarkan penghitungan uji Independent samples t-Test dan uji Paired t-Test. Pada uji Independent samples t- Test Nilai signifikansi (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 0,000. Data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4,368 > 2,064. Pada uji Paired t-Test Nilai signifikansi (2-tailed) kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,000 dan kelas kontrol diperoleh sebesar 0,008. Data hasil belajar kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 6,134 > 2,064. Pada kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,881 > 2,064. Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran power point terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MIN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193061 TANIA CARRESA
Date Deposited: 22 Jul 2023 10:02
Last Modified: 22 Jul 2023 10:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37755

Actions (login required)

View Item View Item