STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PESERTA DIDIK DI MI AL – IRSYAD KARANGBENDO BLITAR

INTAN DHEVI SAPUTRI, 12205193262 (2023) STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PESERTA DIDIK DI MI AL – IRSYAD KARANGBENDO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) Peserta Didik di MI Al-Irsyad Karangbendo Blitar” ini ditulis oleh Intan Dhevi Saputri, NIM. 12205193262, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Irma Fauziah, M.Pd. NIP. 199312302020122019 Kata Kunci: Strategi, Guru, Keterampilan 4C Pendidikan saat ini telah memasuki pada perkembangan zaman yang teknologinya semakin meningkat yaitu di era digital. Guru harus bisa menjadi guru yang profesional yaitu yang tidak hanya mengajarkan teori saja akan tetapi juga harus mengajarkan tentang keterampilan 4C peserta didik agar berkualitas. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana strategi guru dalam upaya meningkatkan keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) peserta didik di MI Al-Irsyad Karangbendo Blitar. Fokus penelitian: (1) Bagaimana Strategi Guru dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan 4CPeserta Didik di MI Al-Irsyad Karangbendo Blitar?, (2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Guru dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan 4CPeserta Didik di MI Al-Irsyad Karangbendo Blitar?, (3) Bagaimana Dampak Strategi Guru dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan 4CPeserta Didik di MI Al- Irsyad Karangbendo Blitar? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengambilan data menggunakan Obesrvasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian: Dari hasil penelitian yang dilaksanakan di MI Al-Irsyad menunjukkan bahwa: (1) Strateginya dibentuk melalui penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, menyajikan pembelajaran yang kreatif, motivasi keikutsertaan ekstrakurikuler, serta memberikan motivasi dan arahan kepada peserta didik, (2) Faktor pendukungnya didukung melalui kesadaran guru itu sendiri terhadap tanggung jawabnya dengan mengikuti beberapa kali diklat guru yang kemudian di salurkan kepada peserta didik, kerjasama antar semua pihak madrasah, kesadaran pada diri peserta didik, serta dukungan positif dari lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah beragam macamnya karakteristik peserta didik, dan fasilitas yang kurang memadai. (3) Dampaknya adalah meningkatnya prestasi peserta didik, meningkatnya keterampilan 4C peserta didik, serta meningkatnya sifat mandiri peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193262 INTAN DHEVI SAPUTRI
Date Deposited: 23 Jul 2023 04:16
Last Modified: 23 Jul 2023 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37760

Actions (login required)

View Item View Item