STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI PENERAPAN SHOLAT DHUHA DAN PEMBACAAN ASMAUL HUSNA DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ISNAINI NOVITA SARI, 12201193041 (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI PENERAPAN SHOLAT DHUHA DAN PEMBACAAN ASMAUL HUSNA DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Stretegi Guru PAI dalam Meningkatkan Religiusitas Melalui Penerapan Sholat Dhuha dan Pembacaan Asmaul Husna di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Isnaini Novita Sari, NIM 12201193041, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Dosen Pembimbing: Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Religiusitas, Sholat Dhuha, Asmaul Husna Penelitian ini terjadi akibat banyaknya remaja saat ini yang kurang terhadap sikap religius, maka dari itu saat ini banyak diantara sekolah-sekolah yang menerapkan pembiasaan berupa kegiatan keagamaan termasuk di SMP Negeri 3 Kedungwaru. Penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna merupakan strategi guru PAI yang dirancang secara khusus dalam meningkatkan sikap religius peserta didik. Dengan menerapkan pembiasaan kegiatan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna akan memberikan dampak atau perilaku positif pada diri peserta didik. Kegiatan keagamaan ini memang sebaiknya harus ditanamkan sejak dini di sekolah agar nantinya mereka tidak terjerumus ke dalam dampak negatif dari arus globalisasi. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung?; 2) Bagaimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung?; 3) Bagaimana implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung; 2) Untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung; 3) Untuk mengetahui implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data digunakan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, trianggulasi, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna adalah dengan cara perintah untuk melakukan pembacaan asmaul husna melalui pengeras suara dengan menghimbau peserta didik untuk segera memasuki ruang kelas, perintah untuk melakukan sholat dhuha dan ibadah lainnya, pendampingan guru PAI, keteladanan guru PAI, pembelajaran praktik langsung, membaca asmaul husna bersama-sama, peduli terhadap lingkungan. 2) Hambatan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna yaitu kurangnya disiplin waktu, terdapat fasilitas yang kurang di masjid sekolah, dan tidak ada lembar asmaul husna di setiap ruang kelas. 3) Implikasi strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui penerapan sholat dhuha dan pembacaan asmaul husna yaitu peserta didik sudah terbiasa langsung memasuki kelas sebelum bel berbunyi, peserta didik sudah terbiasa langsung ke masjid sekolah, peduli terhadap lingkungan, adab kesopanan lebih baik, lebih bisa fokus belajar, dapat membaca bacaan sholat dhuha beserta doanya, terbiasa membaca asmaul husna, dan mampu membaca al-qur’an dengan lancar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 23 Jul 2023 05:57
Last Modified: 23 Jul 2023 05:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37780

Actions (login required)

View Item View Item