FARISKA MIFTAKHUL ULUM, 12205193263 (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK DI SDIT BAITUL ‘IZZAH NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (489kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk “ yang ditulis oleh Fariska Miftakhul Ulum, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen Pembimbing Ibu Irma Fauziah, M.Pd Kata Kunci : Strategi, Profil Pelajar Pancasila Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fakta menurunnya karakter peserta didik yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Namun, di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk ditemukan bahwa sekolah ini memiliki program sekolah yang dapat menjadi dorongan untuk membentuk karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila terhadap peraturan seko lah. Selain itu, guru memiliki strategi yang dapat dijadikan teladan untuk membentuk karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, sehingga dapat menjadi kebiasaan dalam kehidupan peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari karakter yang dimiliki oleh peserta didik di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk bahwa mereka memiliki karakter yang baik. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk. Fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana strategi yang ditempuh guru untuk penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk ? (3) Bagaimana dampak pembentukan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk ? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti menjadi instrument utama. Lokasi pada penelitian ini berada di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Selanjutnya, tahap-tahap dalam penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Hasil penelitian yaitu (1) Strategi yang ditempuh guru untuk penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila meliputi memasukkan nilai Profil Pelajar Pancasila kedalam mata pelajaran, keteladanan, kegiatan pembiasaan, motivasi dan nasehat, hukuman, pengawasan. (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila. Untuk faktor pendukung meliputi projeck kelas, budaya positif, keterlibatan semua warga sekolah, kegiatan pembiasaan, peraturan sekolah, ekstrakurikuler dan dukungan dari orang tua. Faktor penghambat meliputi sikap siswa dan pelanggaran. (3) Dampak pembentukan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila meliputi disiplin, berkarakter baik dan berani menyampaikan pendapat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193263 FARISKA MIFTAKHUL ULUM |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 12:11 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 12:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37820 |
Actions (login required)
View Item |