RUCI YOSI DIAN PRATIWI, 12405193043 (2023) ANALISIS SWOT DALAM DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI BRANDING PRODUK USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH TROPISCO BAGO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (872kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis SWOT Dalam Digital Marketing Sebagai Strategi Branding Produk UMKM Tropisco” ini ditulis oleh Ruci Yosi Dian Pratiwi, NIM.12405193043, Pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Konteks dalam penelitian ini didasari oleh media pemasaran telah berkembang dari media cetak menjadi media elektronik dan kini menjadi demikian media digital, Pembelian online untuk mendapatkan informasi tentang jejaring sosial terlebih dahulu mengambil keputusan pembelian. Tren ini menunjukkan bahwa konsumen lebih cenderung percaya hasil paparan dan pengalaman orang lain terhadap produk yang ingin mereka beli, dalam kaitannya dengan konten pemasaran itu sendiri sebagai munculnya digital marketing sebagai kiat baru dalam memaksimalkan sasaran dan merambah akses dalam dunia Bisnis. Analisis SWOT menjadi analisis yang mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam suatu perusahaan dan faktor eksternal yang berperan sebagai peluang dan ancaman di luar. Focus dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana digital marketing yang dijalankan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tropisco Bago Tulungagung, 2) Bagaimana implementasi Analisis SWOT digital marketing oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tropisco Bago Tulungagung, 3) Bagaimana implementasi digital marketing sebagai strategi branding produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tropisco Bago Tulungagung Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian narrative deskriptif-kualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. bersumber dari, Pemimpin, Karyawan dan konsumen UMKM Tropisco Id. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini dengan pendekatan menggunakan analisis faktor SWOT yang terdiri dari Strenghts, Weakness, Opportunities dan Threaths lalu di ujikan dalam matrik IFAS dan EFAS lalu dijabarkan dengan uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori dan dengan teks yang bersifat naratif Hasil Penelitian ini menunjukkan 1) Pemasaran digital yang dilakukan UMKM Tropisco dengan memanfaatkan social media serta memanfaatkan e – commerce yang paling diminati oleh masyarakat serta menjawab tantangan zaman dalam perkembangan teknik pemasaran. 2) Melalui hasil pengujian melalui SWOT memperoleh bahwa posisi usaha mikro dan menengah Tropisco Id berada pada kuadran 1 dengan menerapkan strategi agresif melalui strategi penetrasi pasar. 3) Branding di UMKM Tropisco dilakukan melalui dengan strategi pemasaran digital. Penguatan merek yang dilakukan oleh UMKM Tropisco ini menggunakan sarana konten – konten yang menarik, seperti diadakan quiz, konten yang mengedukasi mengenai kelapa, serta tips and trik dalam melakukan sesuatu. Tropisco Id lebih menguatkan citra mereknya dimata pelanggan. Kata Kunci: Digital Marketing, Analisis SWOT, dan Branding
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | S1 12405193043 RUCI YOSI DIAN PRATIWI |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37883 |
Actions (login required)
View Item |