HUBUNGAN MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI KELAS VII SMPN 1 NGLUYU NGANJUK

MUCHAMAD NURKOLIS, 12210183088 (2023) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI KELAS VII SMPN 1 NGLUYU NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Minat Baca dan Ketersediaan Sumber Belajar Siswa dengan Kemampuan Menulis Teks Narasi Kelas VII SMPN 1 Ngluyu Nganjuk” ditulis oleh Muchamad Nurkolis, NIM 1221083088, Prodi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: minat baca dan ketersediaan sumber belajar, kemampuan menulis narasi, kuantitatif. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana minat baca dan ketersediaan sumber belajar dengan kemampuan menulis teks narasi. Minat baca siswa kelas VII SMPN 1 Ngluyu Nganjuk berada pada kategori cukup baik, meskipun belum semua siswa menyadari bahwa pentingnya membaca tetapi siswa selalu diarahkan gurunya untuk membaca agar minat baca siswa kelas VII semakin berkembang menjadi yang lebih baik. Meningkatkan kegiatan membaca siswa kelas VII SMPN 1 Ngluyu Nganjuk pada kategori sangat baik merupakan sesuatu yang diharapkan baik itu dari siswa sendiri, maupun dari guru. Namun pada saat ini menumbuhkan minat baca pada siswa khusunya siswa kelas VII SMPN 1 Ngluyu Nganjuk menjadi salah satu yang belum banyak dilaksanakan karena kurangnya keinginan, kemauan dan dorongan dari diri siswa itu sendiri. Untuk ketersediaan sumber belajar dan kemampuan menulis teks narasi berada pada kategori yang cukup baik. Meskipun sekolahan SMPN 1 Ngluyu Nganjuk berada dipelosok desa tetapi memiliki minat baca, ketersediaan sumber belajar dan kemampuan menulis teks narasi yang cukup baik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan menulis teks narasi, hubungan ketersediaan sumber belajar siswa dengan kemampuan menulis teks narasi, hubungan minat baca dan ketersediaan sumber belajar siswa dengan kemampuan menulis teks narasi kelas VII SMPN 1 Ngluyu Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitiani ini yaitu menggunakan metode kuantitatif (kolerasional). Populasi penelitian ini sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total random sampling. Variabel yang diujikan yaitu minat baca dan sumber belajar, kemampuan menulis narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan agket dan tes. Uji validasi menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabitas menggunakan rumus Alpha. Analisis deskriptif dengan melakukan penyajian data melalui tabel. Berdasarkan tabel uji kolerasi diperoleh = 0,415 dengan nilai sig<alpha = 0.00<0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat baca dan ketersediaan sumber belajar siswa dengan kemampuan menulis narasi, siswa kelas VII SMPN 1 Ngluyu Nganjuk memiliki hubungan yang positif, semakin tinggi minat baca dan ketersediaan sumber belajar siswa maka semakin tinggi pula kemampuan menulis narasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: muchamad nurkolis
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:14
Last Modified: 25 Jul 2023 05:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37909

Actions (login required)

View Item View Item